Singkirkan Zverev, Djoker Hadapi Thiem

Singkirkan Zverev, Djoker Hadapi Thiem

Novak Djokovic vs Dominic Thiem di semifinal Prancis Terbuka 2019

SHNet, Paris – Semifinal tunggal putra Prancis Terbuka 2019 menyajikan partai klasik, dengan Roger Federer akan menghadapi Rafael Nadal dan Novak Djokovic ditantang Dominic Thiem untuk merebut dua tempat di final.

Novak Djokovic, peringkat 1 dunia, berhasil mengatasi tekanan pada set pertama sebelum mengandaskan perlawanan Zverev dengan mudah di dua set berikutnya, Kamis (6/6) malam WIB untuk melaju ke semifinal kesembilannya.

Kini Djokovic hanya dua langkah lagi untuk menggapai gelar keempat Grand Slam untuk kedua kalinya setelah mengalahkan petenis Jerman itu 7-5, 6-2, 6-2 dalam dua jam dan sembilan menit di Court Philippe-Chatrier.

Juara di Roland Garros 2016 itu sekarang akan memperpanjang rekor pertemuan 6-2 melawan Dominic Thiem, finalis turnamen ini tahun lalu yang juga merupakan unggulan keempat, pada Jumat (7/6) ini sore waktu setempat.

Djokovic yang berusia 32 tahun memimpin 3-2 dalam duel di lapangan tanah liat atas Thiem, termasuk kemenangan 7-6 (2), 7-6 (4) atas petenis Austria itu di semifinal Mutua Madrid Open bulan lalu. Kedua petenis ini telah saling mengalahkan pada dua pertemuan di Roland Garros sebelumnya yakni tahun 2016 (Djokovic) dan 2017 (Thiem).

“Dominic memang sepantasnya berada di semifinal, salah satu dari empat besar turnamen ini, terutama di lapangan tanah liat,” kata Djokovic. “Di situlah dia bisa memainkan tenis terbaiknya. Dia memiliki kekuatan yang luar biasa dalam permainannya, terutama dengan forehand dan servis [nya]. Saya pikir backhand-nya juga meningkat banyak dalam beberapa tahun terakhir,” puji Djoker.

“[Sepertinya] hubungannya dengan pelatih [Nicolas] Massu telah banyak membantunya, juga secara mental, saya pikir, dalam pertandingan besar,” tambah Djokovic. “Sepertinya sudah bekerja dengan sangat baik. Jika dia terus bermain dengan cara ini, tidak hanya di atas tanah liat, tetapi secara umum, saya pikir kita mungkin akan lebih sering melihatnya di lapangan yang berbeda di tahap akhir turnamen,” terang Djokovic.

Di perempat final Thiem mengalahkan dengan mudah jagoan Rusia, Karen Khachanov, 6-2 6-4 6-2. Permainan penuh disiplinnya mengantarkannya ke semifinal keempat beruntunnya di Roland Garros. (EPH)