Raptors Rebut Gelar dari Warriors

Raptors Rebut Gelar dari Warriors

Kawhi Leonard memastikan Raptors merebut juara NBA untuk pertama kalinya

SHNet, Oakland – Tuntas sudah perjuangan Toronto Raptors mengejar mimpi mereka menjadi juara NBA untuk pertama kalinya sepanjang sejarah waralaba klub itu berdiri. Kawhi Leonard dan kawan-kawan secara dramatis menaklukkan juara bertahan Golden State Warriors 114-110 di Oracle Arena, Jumat (14/6) pagi.

Tuan rumah Warriors sebenarnya tampil luarbisa di Game 6 ini, meski tanpa kehadiran Kevin Durant yang mengalami cedera robek otot Achilles dan terpaksa menepi satu musim ke depan, tapi para pemain The Dubs lainnya seperti tampil memberikan segalanya untuk mempertahankan gelar sekaligus memberi penghormatan terhadap pengorbanan Durant di atas lapangan.

Di depan pendukung sendiri tim asuhan Steve Kerr tersebut penuh percaya diri mengejar poin lawan dan sempat balik memimpin lewat aksi The Splash Brother, Klay Thompson dan Steph Curry.

Tapi petaka di penghujung kuarter ketiga kembali menimpa Warriors, Thompson yang mencoba melakukan lay-up di bawah rim basket harus dilanggar Danny Green dan jatuh tidak dengan posisi yang bagus. Meski sempat melepas tembakan bebas yang melengkapi 30 poin penampilannya tapi manajemen Golden State tampaknya tidak mau ambil resiko seperti yang terjadi pada Durant. Shooting-guard Warriors itu tidak diijinkan bermain dan kabar medis terakhir menyatakan bahwa Thiompson mengalami cedera robek otot ACL.

Tanpa Thompson berarti Curry harus berjuang sendirian untuk mengkreasikan dan mencetak poin sebanyak-banyaknya. Sempat tampil ngotot dengan mempertipis kedudukan hanya setengah bola (111-110) hingga detik-detik terakhir, sebuah technical foul tanpa sadar dilakukan oleh tim tuan rumah saat kehilangan bola. Mereka meminta time-out padahal jatah sudah habis.

Kawhi Leonard yang total mendulang 22 angka menjadi eksekutor Raptors dengan dingin melepas 1 poin melalui tembakan bebas, dan dua tembakan bebas berikutnya didapatnya setelah Andre Iguodala melakukan pelanggaran pada 3 detik terakhir. Dengan sisa waktu 0,9 detik dan unggul dua bola Raptors tidak tertahankan lagi untuk menjadi juara.