Pengrajin Mainan Plastik Ada di Desa Karanganyar

Pengrajin Mainan Plastik Ada di Desa Karanganyar

SHNet, Jakarta – Mainan plastik kini tergerus dominasi aneka mainan modern. Namun demikian produksi mainan tradisional anak ini masih saja terus bertahan. Salah satu sentra mainan tradisional ini berada di Desa Karanganyar, Kecamatan Welahan, Jepara, Jawa Tengah.

Hampir semua warga desa berprofesi sebagai pengrajin mainan tradisional anak, seperti kitiran dan hewan-hewanan yang bisa berjalan jika dilepaskan talinya.

Desa Karanganyar berada di sebelah selatan pusat Kabupaten Jepara. Perjalanan menuju desa ini bisa ditempuh kendaraan bermotor dengan jarak tempuh sekitar dua jam.

Desa ini berada di ujung Jepara karena berbatasan langsung dengan Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak. Jarak tempuh dari Mijen Demak malah lebih dekat, hanya sekitar 15 menit.

Salah seorang pengrajin mainan anak, Fathoni bilang, sentra mainan anak di Karanganyar telah berdiri sejak 1985. Saat ini, hampir semua warga Desa Karanganyar menggeluti kerajinan mainan.

Namun, hanya sekitar 20 pengrajin yang memiliki modal. Nah, mereka inilah yang mempekerjakan warga desa membuat mainan anak. “Warga menjadi karyawan di sini,” katanya.

Sebagian dari mereka ada yang membuka bengkel kerja sekaligus toko mainan di halaman rumah. Namun, sebagian lagi ada yang membuat mainan untuk dikirim ke luar kota, bahkan ke luar negeri.

Fathoni, misalnya, menggunakan halaman depan rumahnya untuk membuat mainan anak. Di rumah ini, terdapat pelbagai bahan baku mainan, seperti spon dan bambu. Produk mainan yang tidak dijual langsung, karena semuanya pesanan.

“Selain pesanan saya melayani pembelian di rumah,” ujarnya.

Fathoni membuat enam jenis mainan. Antara lain, kitiran, lele-lelean, tikus-tikusan, dan mainan kipas putar. Harganya bervariasi, mulai Rp 1.000 – Rp 1.300 per piece.

”Harga mainan ini naik Rp 200 setelah Lebaran lalu lantaran harga bahan baku juga naik,”katanya.

Dari masing-masing jenis mainan, Fathoni mengaku bisa membuat hingga 1.000 pieces per bulan. Jadi, dalam sebulan, ia bisa memproduksi hingga 6.000 mainan.

“Mainan saya ini sudah merambah ke seluruh Indonesia. Selain kami jual secara langsung mainan ini juga ada yang memasarkan secara On- Line. ” tambah Fathoni.

Nah bagi Anda dimana saja berada jika ingin membeli mainan murah dari desa Karanganyar kecamatan Welahan ini dapat menghubungi no Hp 085 641 629 350 atau membuka blog Pusat Informasi Masyarakat Pesisir. (Maya)