Liverpool Akhirnya Juara Liga Champions

Liverpool Akhirnya Juara Liga Champions

Liverpool Kampiun Eropa 2019

SHNet, Madrid – Sebuah penalti di menit ke-2 menghancurkan mimpi Tottenham Hotspur untuk meraih gelar pertama pada ajang Liga Champions di Wanda Metropolitno. Liverpool bermain lebih sabar dan disiplin dan mencetak gol kedua pada menit 87 untuk meruntuhkan kepercayaan diri pasukan Pochettino 0-2, Minggu (2/6) dinihari WIB. Liverpool meraih gelar keenamnya di turnamen ini.

Penalti akibat handsball Moussa Sissoko membuat Hugo Lloris dan kawan-kawan harus tertinggal lebih awal setelah tembakan 12 pass Mohamed Salah bersarang deras ke gawang Spurs. Selepas gol tersebut pertandingan berjalan tidak menarik secara taktis, tidak ada skema permainan yang rapi dibangun oleh kedua tim, baik di babak pertama maupun babak kedua, karena kedua tim lebih sering memainkan lebar lapangan serta umpan-umpan silang yang sering kandas.

Hingga akhirnya Juergen Klopp melakukan pergantian pemain pada menit 58 untuk menarik keluar Firmino digantikan dengan Divock Origi untuk menambah daya gedor The Reds di babak kedua. Tapi secara taktik, 4-3-3 milik Klopp tetap sabar meladeni formasi 4-2-3-1 Tottenham yang kemudian memasukkan pahlawan mereka di semifinal, Lucas Moura, delapan menit kemudian.

Namun tiga menit jelang bubaran ternyata Origi bisa memanfaatkan kelemahan Tottenham dengan melepas tembakan mendatar ke tiang jauh tanpa dapat dijangkau Lloris.

“Origi mencetak gol telat yang menghabiskan perlawanan Tottenham,” kata full-back Liverpool, Trent Alexander-Arnold. “Kami memang mendominasi di separuh permainan tetapi kami adalah tim kelas dunia dan telah menunjukkan kami mampu memenangkan laga apa pun,” tambahnya.

Secara kualitas permainan ini mungkin final Liga Champions terburuk yang pernah ada tapi hasil akhir menunjukkan bahwa Liverpool yang musim lalu menjadi runner-up turnamen ini merupakan tim yang paling siap untuk menjadi juara.

“Laga final adalah tentang hasilnya dan malam ini anak-anak menunjukkan ketangguhan yang kami butuhkan,” ujar pelatih Juergen Klopp.

Setelah finis di urutan kedua di bawah Manchester City di Liga Premier Inggris dengan selisih satu poin, Jurgen Klopp akhirnya meraih trofi pertamanya di Liverpool di final keempatnya, sementara Mauricio Pochettino masih menunggu piala perak pertamanya di Spurs. (HNP)