Kerupuk Ikan Menjadi Unggulan Tanjung Jabung Timur

Kerupuk Ikan Menjadi Unggulan Tanjung Jabung Timur

SHNet, Jakarta – Tanjung Jabung Timur tidak hanya dikenal sebagai pengahsil tangkapan lautnya, tapi juga olahan makanan laut yang moncer dikenal banyak kalangan.

Olahan hasil laut seperti Kerupuk Ikan, Kerupuk Udang dan Kerupuk Kayu Api menjadi unggulan di pasar Tanjung Jabung Timur.

Ketenaran produk lokal ini tidak kalah dengan produk daerah lain. Selain gurih, rasa udang dan ikan sangat kuat  di lidah.

Harga jual yang ditawarkan juga relatif terjangkau, mulai dari harga Rp 15 ribu per bungkus, ada juga yang menjual dengan timbangan seharga Rp 75 ribu per kilogram.

Buhori, pembuat sekaligus penjual kerupuk udang dan ikan di Kelurahan Tanjung Solok, Kecamatan Kuala Jambi mengatakan, pemesanan saat hari besar seperti lebaran selalu meningkat hingga 90 persen dibanding hari-hari biasa.

“Yang pembuatan hari biasa hanya produksi12 kilo, jika hari besar bisa produksi 20 kilo bisa lebih dalam setiap harinya,” kata Buhori seperti dilansir Tribunjambi.com.

Selain dari masyarakat sekitar, pelanggannya juga berasal dari kabupaten lain bahkan provinsi lain. “Bahkan ada dari negara lain seperti Singapura. Pernah tahun lalu Amerika mesan produk lokal kite,” kata Buhori.

Saat ini Buhori membuka rumah oleh-oleh di tempatnya dengan produk unggulan kletek udang dan kerupuk ikan.

Produk olahan Buhori telah bersertifikat halal dan sehat dari Dinkes. Promosi krupuk udang dan ikan ini juga dibantu pihak Dinas Perdagangan Tanjabtim. (Maya)