Kalahkan Konta, Vandrousova Bertemu Ash Barty di Final

Kalahkan Konta, Vandrousova Bertemu Ash Barty di Final

Ash Barty menghadapi Marketa Vandrousova di final Prancis Terbuka

SHNet, Paris – Markerta Vandrousova melaju ke final tunggal putri Prancis Terbuka 2019 usai bertarung ketat dua set melawan petenis Britania Raya, Johanna Konta, 7-5 7-6 (7-2) di lapangan Simonne Mathieu, Jumat (7/6) malam WIB.

Vandrousova, petenis Republik Ceko yang baru berusia 19 tahun, tidak kehilangan satu set pun dalam perjalanannya menuju final, dan merupakan finalis remaja pertama di Roland Garros sejak petenis Serbia Ana Ivanovic melakukannya pada tahun 2007.

Selain menyamai pencapaian Ivanovic, keberhasilan Vondrousova menembus final French Open juga menjadikan dia sebagai petenis Republik Ceko pertama yang mampu berada dalam laga perebutan gelar juara setelah Lucie Safarova pada tahun 2015.

Sementara Konta, yang dulu mewakili Australia, gagal menjadi wanita Britania pertama yang mencapai final Grand Slam sejak 1977 setelah tampil meyakinkan di perempat-final dengan menjungkalkan finalis tahun lalu, Sloane Stephens dengan mudah. Konta ingin menjadi wanita Britania pertama yang memenangkan gelar tunggal Grand Slam sejak Virginia Wade menang di Wimbledon 42 tahun lalu dan pemain tunggal pertama dari negara – pria atau wanita – yang menang di Roland Garros sejak Sue Barker melakukannya pada tahun 1976.

Namun nasib Britania Raya di semifinal masih diselamatkan oleh petenis Australia lainnya, Ash Barty yang mampu keluar dari tekanan Amanda Anisimova, 6-7 (4-7) 6-3 6-3. Ini akan menjadi final pertama Grand Slam pertama Barty, dan unggulan ke-8 tersebut diunggulkan untuk merebut gelar Grand Slam pertamanya tersebut setelah memenangkan Miami Open pada akhir Maret lalu.

“Ini adalah perjalanan yang luar biasa selama dua minggu terakhir, dan saya pikir mungkin sebuah berkah tersembunyi bahwa kita bermain hari demi hari, hanya untuk menjaga momentum tetap berjalan,” kata Barty. “Saya sudah bekerja sangat keras. Sekarang satu-satunya cara untuk mendekatinya adalah dengan menikmatinya, merangkulnya, bersenang-senang dan mencoba bermain dengan kebebasan. Saat itulah saya memainkan tenis terbaik saya,” tegasnya.

Final tunggal putri akan digelar di lapangan Philippe-Chatrier pada pukul delapan malam WIB.

Sementara semfinal untuk tunggal putra pertandingan antara Novak Djokovic dan Dominic Thiem masih tertunda dalam kedudukan 6-2 3-6 3-1 untuk keunggulan Thiem. Sedangakan untuk partai puncak, Rafael Nadal sudah lebih dahulu memastikan satu tempat usai mengalahkan rivalnya Roger Federer 6-3 6-4 6-2. (TJE)