Kabupaten Buru Juara Umum MTQ Ke-28 Tingkat Provinsi Maluku

Kabupaten Buru Juara Umum MTQ Ke-28 Tingkat Provinsi Maluku

MENANDAI - Ratusan letusan kembang api yang menghiasi langit di alun-alun kota Namlea, Kabupaten Buru, Jumat (21/6) malam menandai ditutupnya MTQ ke 28 Tingkat Provinsi Maluku. (Dok/SHNet)

SHNet, NAMLEA – Setelah digelar sejak 14 Juni lalu, di Namlea, Kabupaten Buru, Maluku, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-28 Tingkat Provinsi Maluku, resmi ditutup pada Jumat (21/6) malam.

Sebagai tuan rumah dan tampil meyakinkan, Kabupaten Buru me­norehkan nilai tertinggi dan jadi juara umum di rumah sendiri, disusus Kota Ambon dan Tual di tempat kedua dan ketiga.

Sebelum penu­tupan MTQ tadi, acara diawali pe­ngumuman juara oleh Ketua De­wan Hakim, KH RR Ha­sanusi. Bupati Buru, Ramli Umasugi yang duduk di tribun utama sontak berdiri sebagai penghormatan, diikuti para tamu undangan ke­tika Kabupaten Buru dinyatakan sebagai juara umum.

Setelah mendengar Kabupaten Buru menjadi juara umum, ribuan masyarakat Buru tak kuasa meluapkan kegembira­annya. Mereka bersorak gembira karena selama kurang lebih delapan hari sejak 14-21 Juni, pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Maluku berjalan aman, meriah, diminati penonton hingga sukses.

Setelah pengumuman juara, Qori terbaik pertama Sadam dari Kabu­paten Buru melantunkan ayat suci Alquran sebagai tanda pesta rohani Islam terbesar tingkat Provinsi Maluku itu segera usai.

Selanjutnya disusul pem­bagian piala, piagam penghargaan dan dana pembinaan oleh bupati dan sejumlah tamu VIP yang hadir. Usai pe­nyerahan piala, bupati dan para tamu juga masih memberikan selamat kepada para peserta, dilanjutkan penyera­han piala bergilir oleh Ketua DPRD Provinsi Maluku, Edwin Adrian Huwae kepada Bupati Buru.

Usai itu, Bupati memberikan sambutan perpisa­han, mengucapkan selamat jalan kepada para peserta  dan kembali ke daerah masing masing dengan se­lamat. 

“Selamat jalan saudara-saudaraku, para tamu dan seluruh kafilah yang akan kembali ke daerah masing-masing. Ingatlah tantangan dunia ke depan semakin besar, maka jadikanlah al-Qur’an sebagai teman sejati dalam perjalanan. Teriring doa dan dan harapan kami semoga tiba dengan selamat di tempat tujuan masing-masing, sampan berjumpa di MTQ beriket di Kabupaten Kepulauan Tanimbar” kata Bupati. Selanjutnya acara ditutup dengan tari-tarian dan penyalaan ratusan kembang api di langit alun-alun kota Namlea, Kabupaten Buru. (Nonnie Rering)