Imran, Mencetak Aparatur Cerdas di Butuhkan Pelatihan dan Bimbingan

Imran, Mencetak Aparatur Cerdas di Butuhkan Pelatihan dan Bimbingan

SHNet, Jakarta – Untuk menjadikan desa yang lebih maju dan mencetak aparat yang cerdas, dibutuhkan pelatihan bagi aparat desa melalui pelatihan dan bimbingan teknis maupun dukungan operasional pembina teknis pemerintah desa.

Yang perlu menjadi perhatian pemerintah daerah dalam mendukung desa, antara lain untuk segera menerbitkab regulasi di tingkat daerah sebagai mandat UU Desa No 6 dan peraturan pelaksanaannya.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Kemendagri, Drs Imran M.Si, M.A.

” Untuk itu diharapkan Pemda rutin menyelenggarakan pelatihan bagi aparatur desa, dengan menggunakan modul yang sudah disiapkan oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri,” ujarnya kepada SHNet, Rabu (26/6/2019) di Jakarta.

Menurutnya, sudah banyak yang dilatih oleh Ditjen Binas Pemerintahan Desa namun belum diberdayakan.

Kenapa, tegas Imran lagi, karena belum sempat melakukan penyuluhan namun aparat desa tersebut sudah dimutasi jabatan. Atau, staf yang sudah dilatih dan dipersiapkan sebagai tenaga pelatih desa kecuali untuk kepentingan promosi jabatan.

Ditegaskannya lagi, bila pemda melakukan hal ini aparat desa akan keluar dari belenggu ketertinggalan.

“Kalau demikian, kita berharap desa untuk berstatus mandiri dan maju agar bisa terealisasi dengan mulus,” paparnya lagi.

Untuk mendukung Kepemerintahan Kabinet Indonesia Kerja Presiden Jokowi ini, memang diperlukan komit secara sungguh-sungguh dalam membangun desa.

Saat ini, kembali dikatakan Imran, sudah saatnya desa tumbuh menjadi pusat ekonomi, sosial dan budaya. (Maya)