Ikan Asin Jambal Roti Oleh-Oleh Dari Indramayu

Ikan Asin Jambal Roti Oleh-Oleh Dari Indramayu

SHNet, Jakarta – Daerah Indramayu merupakan daerah pesisir yang terletak di utara Jawa Barat, dimana hamparan lautnya yang luas dan membuat banyak masyarakat bergantung pada alam. Dimana hasil laut itu diolah menjadi berbagai macam makanan khas dari Indramayu.

Jika menengok ke wilayah Karangsong, bisa ditemukan banyak pembuat ikan asin jambal. Tak ayal dari kejauhan bau amis ikan sudah tercium sangat pekat.

Bagi yang kurang suka, bau tersebut tentu cukup mengganggu. Ato, salah seorang pembuat ikan asin mengatakan, wilayah Karangsong memang dikenal sebagai penghasil ikan asin di Indramayu.

Kebanyakan orang menyukai rasa dari ikan asin jambal buatannya. “Katanya rasanya lebih gurih dan empuk,” ujarnya.

Selain itu, ikan jambal asal Indramayu juga disukai karena dagingnya yang tebal. Ikan asin sangat cocok jika dimakan bersama dengan nasi hangat dan sambal pedas.

Ato mengatakan, kebanyakan pelangganya berasal dari luar daerah seperti Bandung dan Pangandaran. Setiap minggunya ia selalu menerima pesanan ikan asin jambal dari wilayah tersebut.

Masing-masing pelanggan memiliki permintaan tersendiri terkait rasa. Ada yang suka asin dan ada juga yang rasa asinnya minta dikurangi.

Bahkan kata dia, ada juga yang meminta ikan asin yang sudah dihinggapi oleh ulat belatung. Menurut para pembeli, ikan asin jenis itu sangat sedap jika disantap.

“Ada yang pesan seperti itu tapi sedikit,” ungkapnya.

Dalam sekali produksi ia mampu mengolah hingga 400 kilogram ikan mentah.

Dia menambahkan, proses pembuatan ikan asing cukup memakan waktu. Sebab kualitas ikan asin sangat ditentukan oleh proses penjemuran yang baik.

Jika ikan asin mendapatkan cahaya yang cukup maka produk yang dihasilkan akan bagus. Sebaliknya jika cahaya matahari kurang maka ikan asin membutuhkan waktu yang lama untuk kering.

Saat ini, para pembuat ikan asin tengah kesulitan menjemur karena hujan yang kerap mengguyur wilayah Indramayu. Jika sudah begitu maka ia hanya bisa menutupi ikan asinnya saja dengan terpal plastik. Hal itu menjaga supaya ikan asin tidak kehujanan sehingga lembab.

“Kalau kebasahan kan nantinya tidak akan sempurna keringnya,” ujarnya.

Salah seorang pembeli, Suprapto mengaku rasa ikan asin jambal Karangsong tergolong lezat. Untuk itu, setiap ada waktu dirinya pun selalu menyempatkan diri untuk membeli ikan asin di Karangsong.

“Rasanya gurih, saya rutin beli ke sini,” katanya. Dirinya juga kerap membeil ikan asin untuk dijual kembali kepada orang lain.

Dia mengatakan, cukup banyak pembeli yang suka dengan rasa ikan asin jambal asal Karangsong tersebut. (Maya)