Desa Rumbia Sumber Alam Penghasil Tanaman Hortikultura

Desa Rumbia Sumber Alam Penghasil Tanaman Hortikultura

SHNet, Jakarta – Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah, menjadi objek wisatan hingga penghasil tanaman hortikultura.

Rumbia yang berjarak sekitar 20 kilometer dari jantung kota Kabupaten Jeneponto itu dikenal penghasil sayur-sayuran yang melimpah.

Pemerhati Petani Desa Jenetallasa Kecamatan Rumbia Basir Bucheq mengatakan, Kecamatan Rumbia menjadi penyangga pertanian Jeneponto dengan komoditas unggulan pertanian seperti jagung kuning hibrida terutama sayur-sayuran.

“Rumbia kaya dengan hasil pertanian, di antaranya wortel, kol, sawi, bawang prei, kentang, tomat dan jenis lainya, sehingga menjadi wilayah kecamatan sebagai penyangga produksi hasil pertanian,” ujarnya.

Menurutnya, petani adalah profesi yang sangat mulia dalam melayani semua konsumen untuk memenuhi kebutuhan sayur mayur masyarakat Jeneponto pada khususnya dan masyarakat Sulsel pada umumnya.

“Petani di kecamatan Rumbia selalu ikhlas dalam bekerja walau hasil tidak maksimal, harga tidak bersahabat mereka sellu bersyukur, Semoga para penentu kebijakan bercermin dari sifat ikhlas Petani yang tidak pernah menuntut atau memaksakan kehendak pada konsumen untuk membeli hasil pertaniannya dengan harga tinggi,” tuturnya.

Basir berharap kepada pemerintah daerah Jeneponto agar berpihak kepada rakyat yang berprofesi sebagai petani.

“Pemerintah kami harapkan untuk dapat lebih memperhatikan hasil pertanian para petani agar tidak membusuk, para penentu kebijakan kami harp bekerjalah dengan ikhlas untuk kesejahteraan masyarakat petani,” harapnya. (Maya)