Belanda Tantang Portugal di Final UNL

Belanda Tantang Portugal di Final UNL

Sundulan mematikan De Ligt ke pojok gawang Inggris membuat kedudukan sama kuat di menit 73

SHNet, Guimarães – Sebuah penebusan dari Matthijs De Ligt mengantarkan Belanda mengalahkan Inggris dalam semifinal Liga Bangsa-Bangsa Eropa, Jumat (7/6) dinihari WIB. Pada pertandingan yang digelar di Estadio D. Afonso Henriques Belanda akhirnya unggul 3-1 atas Inggris.

Bek Ajax Amsterdam yang sedang diincar oleh banyak klub tersebut membuat gol penyeimbang untuk membalas satu gol penalti Marcus Rashford di babak pertama. Penalti tersebut didapat akibat kesalahan dirinya dalam mengontrol bola dengan sempurna sehingga harus menjatuhkan Rashford di kotak terlarang.

Beruntung gol penyeimbang membawa timnya menuju babak perpanjangan waktu dan Inggris ditimpa kesialan akibat kelalaian kordinasi lini belakang mereka karena Kyle Walker membuat gol bunuh diri dan Quincy Promes mengganjar kesalahan Ross Barkley yang ditekan oleh Memphis Depay di menit 114.

Belanda membuat gol penyeimbang melalui skema sepak pojok yang dapat disambut dengan sempurna oleh De Ligt ke pojok gawang Jordan Pickford. Menurut catatan Sky Sports, De Ligt telah mencetak lima gol dalam 15 pertandingannya bersama timnas Oranye maupun di level klub, termasuk saat melawan timnas Jerman, Juventus, Tottenham dan timnas Inggris.

Pada menit-menit terakhir waktu normal sebenarnya pasukan Gareth Southgate punya peluang untuk lolos ke partai puncak tapi gol Jesse Lingard dianulir oleh wasit berkat teknologi VAR. Pemain depan Manchester United itu nampak sedikit berlari batas pertahanan Belanda sebelum menjebol gawang Jasper Cillessen.

Di babak final skuad Ronald Koeman akan menantang tuan rumah Portugal yang sehari sebelumnya mengandaskan perlawanan Swiss juga dengan skor 3-1 berkat hattrick Cristiano Ronaldo. (HNP)