Siakam dan Gasol Buat Raptors Sulit Dibendung

Siakam dan Gasol Buat Raptors Sulit Dibendung

Agresivitas Siakam hancurkan Warriors di Game 1

SHNet, Toronto – Seorang pemain bintang, yang memiliki peran vital di posisinya tentu sangat dibutuhkan oleh sebuah tim. Dan Golden State Warriors akhirnya sadar bahwa mereka memang membutuhkannya di final NBA musim ini. Setelah melibas dengan mudah Portland Trail Blazers tanpa kehadiran ‘power forward’ Kevin Durant, The Dubs, julukan Warriors, kena batunya di tangan Toronto Raptors usai digebuk 109-118 pada Game 1 di Scotiabank Arena.

Di laga pembuka final kelima beruntun mereka, masih tanpa diperkuat oleh Durant, pertahanan aktif Raptors memperlambat transisi Steph Curry dan kawan-kawan sehingga memaksa Warriors melakukan 10 turnover pada babak pertama dan 36,6 persen tembakan dalam perimeter untuk membuka keunggulan tuan rumah 59-49.

Keunggulan 10 poin melawan Warriors ini jauh dari nyaman bagi Raptors yang sebelumnya selalu melalui laga sulit melawan tim-tim unggulan di Wilayah Timur. Meski Warriors mencoba bangkit di kuarter ketiga dengan unggul 32-29 tapi ketidak hadiran Durant membuat Pascal Siakam dan Marc Gasol mendominasi di bawah rim basket. Siakam membukukan 32 poin, 8 rebound serta 2 block, diikuti Gasol yang mencetak 20 angka, 7 rebound dan 2 steal plus 1 block.

“Siakam bermain luarbiasa,” puji pelatih Warriors, Steve Kerr. Salah satu aksinya adalah saat dirinya berhasil memblok drive Draymond Green yang masuk ke pertahanan tuan rumah.

Sementara Gasol juga bermain brilian di Game 1 ini, dia melepas tembakan 3 angka saat pemain Golden State membiarkannya tidak terjaga. Dia membuat begitu banyak operan cerdas untuk menjaga pelanggaran bagi Toronto, yang secara kolektif membuat operan ekstra untuk tembakan-tembakan hebat sepanjang malam.

Sedangkan bintang Raptors Kawhi Leonard cukup santai kali ini dengan 23 poin, dan point guard Kyle Lowry malah hanya mencetak 7 angka saja plus 9 assist, untuk membiarkan Curry bekerja keras sepanjang pertandingan dengan total mengumpulkan 34 angka bagi timnya. Perolehan Curry hanya ditopang Klay Thompson yang masih menyumbang 21 poin bagi timnya.

Otot betis Kevin Durant yang sebagian robek, membayangi seluruh seri ini. Penyerang andalan Warriors tersebut ikut bepergian dengan tim tetapi dikhawatirkan masih belum bugar untuk Game 2. Game ke-2 pada hari Minggu (2/6) waktu setempat masih akan dimainkan di Scotiabank Arena, markas Raptors dan tampaknya dominasi tim Nick Nurse masih sulit dibendung oleh Warriors. (TJE)