Rutin Minum Air Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Caranya

Rutin Minum Air Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Caranya

Danone-Aqua bersama Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dan Universitas Indonesia berkomitmen edukasi masyarakat untuk konsumsi air yang sehat di Indonesia. (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Jakarta– Air menjadi salah satu zat makro esensial dan berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh. Bahkan kurang lebih 50-60% tubuh manusia tersusun dari air.

Air selain bermanfaat untuk hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh, juga bisa menurunkan berat badan.

Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi,Sp.GK mengatakan, minum air putih dapat menurunkan berat badan.

“Air putih dapat menurunkan berat badan. Caranya, minum segelas air dalam keadaan perut kosong. Kalau bisa sebelum makan, karena air dapat menimbulkan rasa kenyang,” ujar Nurul dalam Hydration Talk, di The Hermitage Hotel, Jakarta, Selasa (14/5).

Lebih lanjut Nurul menjelaskan, berat badan tidak turun dikarenakan tidak seimbangnya antara energi yang masuk dengan energi yang dikeluarkan. Selain itu, kurangnya melakukan aktivitas fisik.

“Selain minum segelas air putih biasa sebelum makan, kita juga harus mengkonsumsi makanan dengan asupan energi yang seimbang. Energi yang masuk harus lebih sedikit dari energi yang dikeluarkan,” tuturnya.

Disinggung soal air yang diberikan perasan lemon, Nurul mengatakan, lemon hanya memberikan sensasi segar saja, namun tidak ada dampaknya untuk menurunkan berat badan.

Ketua Hydration Working Group (IHWG) Dr dr Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK mengatakan, minum air hangat bukan untuk memperlancar metabolisme. Menurutnya, minum air hangat maupun dingin sah-sah saja karena lambung kita dapat menyesuaikan suhu.

“Air mineral tidak bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Itu hanya mitos,” ujarnya.

Terkait air minum dalam kemasan, Diana menjelaskan, air minum kemasan yang layak dikonsumsi adalah memiliki kemasan atau botol yang bersih, label dan tanggal kadaluwarsa yang jelas serta kode produksi yang sama pada bagian tutup dan botolnya.

“Pastikan air dalam kemasan berkualitas baik, dengan tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan tidak mengandung bahan berbahaya,” kata Diana.

Hydration Science Director PT Tirta Investama ( Danone-Aqua) dr Tria Rosemiarti mengatakan, pihaknya terus berkomitmen bersama IHWG dan Universitas Indonesia, serta mengajak beberapa universitas lain di Indonesia untuk edukasi masyarakat guna meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia. (Stevani Elisabeth)