Pelaku Demo Disertai Kerusakan Datang Dari Berbagai Daerah

Pelaku Demo Disertai Kerusakan Datang Dari Berbagai Daerah

SHNet, JAKARTA – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono didampingi Wadirkrimum AKBP Ade Ary dan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edi Suranta Sitepu menegaskan saat 257 tersangka pelaku kerusuhan dari 3 tempat kejadian perkara diketahui datang dari beberapa daerah diantaranya dari Tasikmalaya, Pekanbaru, Sumatera Barat, Lombok dan Jakarta.

“Pelaku kerusuhan yang ditangkap di daerah Bawaslu 72 tersangka, daerah Pertamburan 156 tersangka dan Gambir 29 tersangka,” ujar Argo di Polda Metro Jaya, Rabu (22/5/2019).

Petugas menangkap para pelaku kerusuhan di Bawaslu, mereka melakukan perlawanan, perusakan dan memaksa masuk Bawaslu.

“Sedangkan para tersangka yang ditangkap di Pertamburan mereka melakukan perusakan dan pembakaran. Barang bukti yang diamankan clurit, busur panah, bom molotov, uang dalam amplop dan uang Rp 5 juta untuk operasional,” tambah Argo.

Di antara tersangka, ada beberapa tersangka memiliki tatto disekujur tubuh.

Polisi masih menyelidiki siapa provokator yang menyuruh. “Siapa orang yg memberi uang, yang merencanakan penyerangan dan menyeting perusakan dan penyerangan kepada pihak keamanan. Polisi masih mendalami,” ucap Argo.

Argo menghimbau kepada masyarakat untuk tidak ikut-ikutan atau jangan sampai terpengaruh dengan ajakan-ajakan yang melakukan pengrusakkan.

“Sekali lagi , kami akan tindak tegas kepada siapa saja yang ikut melakukan perusakan,” tegas Argo lagi.

Ratusan tersangka tegas Argo, dijerat pasal 170 KUHP jo pasal 212 KUHP jo pasal 218 KUHP dan terhadap pelaku pembakaran juga dikenakan pasal 187 KUHP. (Maya)