Michael Umbas: Pemindahan Ibukota Negara, Cermin Pemikiran Visioner Jokowi

Michael Umbas: Pemindahan Ibukota Negara, Cermin Pemikiran Visioner Jokowi

Wakil Kepala Rumah Aspirasi Jokowi-Amin, Michael Umbas (Ist)

SHNet, Jakarta –  Wakil Kepala Rumah Aspirasi Jokowi-Amin, Michael Umbas yakin dalam periode kedua pemerintahannya, Presiden Jokowi akan merealisasikan kebijakannya untuk memindahkan ibukota negara dari Jakarta ke daerah di Kalimantan.

“Bagi sebagian orang mungkin keinginan beliau itu utopis, tidak mungkin dilaksanakan tapi kalau kita lihat semua program dan janji Pak Jokowi sudah direalisasikan. Saya  juga yakin ibukota yang baru pasti dibangun Pak Jokowi di Kalimantan,” kata Michael Umbas dalam diskusi “Pemindahan Ibukota: Ide Bung Karno dan Implementasi Era Jokowi” di Jakarta, Selasa (14/5).

Dalam diskusi yang juga menampilkan Pelaksana Tugas Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik dan Deputi IV Kantor Staf Presiden Eko Sulistyo, Michael Umbas menegaskan kebijakan pemindahan ibukota negara bukan bersifat politis.

Melainkan, kata Umbas, sebagai cerminan dari pemikiran visioner Jokowi agar Indonesia menjadi negara yang maju dan modern dan dikagumi bangsa dan negara lain

“Pak Jokowi itu pemimpin yang visioner, pemikirannya itu jauh ke depan bukan cuma lima atau 10 tahun. Dan beliau itu kalau sudah punya program pasti diwujudkan,” ujar Michael Umbas yang juga Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ).

Michael Umbas mengungkapkan ada  dua isu yang tidak benar yang kerap dikait-kaitkan dengan  usulan pemindahan ibukota negara.

Pertama, isu yang menyebutkan pemindahan ibukota negara sebagai buntut kekalahan Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) dalam.pilkada DKI.

 Kedua, isu yang meyebutkan kebijakan pemindahan ibukota negara untuk mengalihkan perhatian publik terhadap klaim-klaim kemenangan dari kubu tertentu terhadap hasil Pemilihan Presiden 2019.

“Keputusan pemindahan ibukota negara itu tak serendah dan sekecil anggapan mereka itu. Gagasan Pak Jokowi itu inklusif untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia,” kata Umbas.

Ia mengingatkan, selama lima tahun memerintah Presiden Jokowi sudah mewujudkan ide-ide dasar yang dibuat oleh pemerintah sebelumnya.

“Presiden Jokowi juga merealisasikan MRT di Jakarta yang idenya sudah sejak zaman Soeharto, namun baru terealisasi di era Jokowi, sehingga Indonesia sudah seperti negara maju,” kata Umbas sambil menambahkan, Presiden Jokowi juga berhasil menggelar Asian Games dan membangun banyak proyek infrastruktur seperti tol, irigasi, dan bendungan. (Victor)