Jamsyar Salurkan Zakat Rp 563.583.886 pada 2019

Jamsyar Salurkan Zakat Rp 563.583.886 pada 2019

PT penjaminan Jamkrindo Syariah (Jamsyar) menyalurkan zakat peusahaan sebesar RpRp 563.583.886 pada 2019. di Jakarta, Selasa (28/5). (Ist)

SHNet, Jakarta– PT Penjaminan Jamkrindo Syariah (Jamsyar) menyalurkan zakat perusahaan sebesar Rp 563.583.886 pada 2019 melalui tiga lembaga penyalur zakat yakni Badan Zakat Nasional, Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat Nasional.

“Dari jumlah tersebut, yang kita salurkan pada bulan Ramadhan ini sebesar Rp 317.500.000 yang disalurkan untuk bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial. Sisanya akan disalurkan hingga Desember 2019,” ujar Plt Direktur Utama Jamsar Gatot Suprabowo mengatakan disela sela buka bersama media dan karyawan Jamsyar di Jakarta, Selasa (28/5).

Gatot menjelaskan untuk bidang pendidikan Jamsyar menyalurkan , bantuan Al-Quran dan buku bacaan bagi 150 anak yatim piatu melaui Masjid Al Muhajirin pada 24 Mei 2019 untuk bidang kesehatan bantuan bhakti sosial khitanan massal untuk 100 anak yatim piatu dan dhuafa melalui Yayasan Persaudaraan Bersama.

Bidang ekonomi Jamsyar salurkan bantuan berupa donasi bagi janda berdaya kepada 20 orang dan program bebas hutang kepada 10 orang di daerah Galur Jakarta Pusat melalui Rumah Zakat Indonesia pada tanggl 27 Mei 2019.

Sementara itu untuk bidang sosial Jamsar menyalurkan ke beberapa tempat seperti bantuan paket lebaran dan pemberian karpet untuk beberapa masjid.

Untuk diketahui naiknya zakat yang disalurkan berkat tumbuhnya laba perusahaan sebesar Rp22,54 Miliar di akhir tahun 2018.

Kinerja tersebut berhasil dicapai berkat langkah strategis berupa inovasi produk penjaminan, penambahan jaringan layanan, optimalisasi IT untuk proses bisnis dan kegiatan pendukung di perusahaan, serta penguatan human capital baik dari sisi kualitas maupun kuantitas dan penyempurnaan system manajemen human capital untuk meningkatkan motivasi dan produktivitas karyawan.

Zakat produktif

Selain menyalurkan zakat untuk pendidikan dan kesehatan, Jamsyar juga menyalurkan zakat produktif yang diberikan sebagai modal bergulir bagi para pengrajin atau masyarakat yang memiliki usaha rumahan.

Menurut Gatot, tahun lalu, zakat produktif disalurkan kepada para pengrajin di desa kreatif di Yogyakarta. “Harapan kami para pengrajin yang menerima zakat produktif tahun berikutnya bisa menjadi pemberi zakat,” ujarnya.

Direktur Keuangan, SDM dan Umum Jamkrindo Syariah Endang Sri Winarni menambahkan, pihaknya tidak hanya menyalurkan zakat produktif, tetapi juga memberikan pelatihan kepada para pengrajin yang ada di desa kreatif.

“Kami memberikan zakat untuk mengentaskan permasalahan yang ada di masyarakat. Menyalurkan gampang, tapi bagaimana kita mengelola menjadi CSR yang modern,” ujarnya.

Tahun ini, zakat produktif rencananya akan disalurkan ke daerah-daerah terdampak bencana seperti Palu, NTB dan sebagainya. (Stevani Elisabeth)