Durian Kawuk Asal Desa Segulung, Nikmatnya Tiada Tara

Durian Kawuk Asal Desa Segulung, Nikmatnya Tiada Tara

SHNet, Jakarta – Di Desa Segulung, Kabupaten Madiun berkembang budidaya durian kawuk. Jenis durian yang merupakan produk asli durian di wilayah kabupaten setempat. 

Desa Segulung yang berada di lereng Gunung Wilis, Kabupaten Madiun, ini merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Dagangan, yang dikenal sebagai sentra penghasil durian di Kabupaten Madiun. Mayoritas warga mengenal durian raja, yang menjadi maskot durian kecamatan setempat.

Tidak banyak yang tahu, durian raja adalah hasil persilangan antara durian montong dan durian kawuk. Durian kawuk sendiri adalah produk asli durian dari Kecamatan Dagangan.

Durian kawuk tumbuh secara alami di Desa Dagangan, dengan pengembangan sejak 15 tahun silam. Kini terdapat lebih dari 200 pohon durian kawuk yang siap untuk panen setahun dua sampai tiga kali.

“Soal rasa, petani menjamin durian ini rasanya enak, sebab memiliki ciri khas warna yang kuning dengan kulit yang tipis,” kata Kasnanto, petani durian.  

Sejauh ini dengan alasan menjaga kualitas, durian kawuk ini dijual bukan dari pedagang, melainkan langsung ke petani atau pesan via whatsapp, dengan harga dua kali, dari harga durian lokal tergantung ukurannya. (Maya)