Wapres Dan Bung Hatta Bicarakan Arsip Sejarah Indonesia

Wapres Dan Bung Hatta Bicarakan Arsip Sejarah Indonesia

Jakarta, 19 April 1973 – Gagasan Dr. Moh. Hatta untuk mengembalikan arsip mengenai sejarah Indonesia yang lengkap di Negeri Belanda telah disampaikan kepada Wakil Presiden Sultan Hamengkubuwono IX hari Rabu, yang menanggapi dengan kesediaan untuk membicarakannya dengan pihak Belanda.

Pengembalian arsip dari bahan-bahan sejarah perjuangan Indonesia yang dimaksud oleh mantan Wakil Presiden Indonesia itu, bukanlah dalam bentuk aslinya tetapi dalam bentuk microfilm atau bentuk copy apapun, asal bahan-bahan itu juga ada di Indonesia.
Dr. Hatta berpendapat bahw negara yang lengkap memiliki tulisan mengenai bahan-bahan sejarah perjuangan Indonesia hanyalah negara Belanda, oleh karena itu diharapkan sekali agar Wakil Presiden Sultan Hamengkubuwono IX dapat mengusahakannya.

Pertemuan antara Wakil Presiden dan mantan Wakil Presiden Dr. Moh. Hatta itu berlangsung selama lebih kurang satu jam.
Dr. Moh. Hatta selesai pertemuan itu mengemukakan bahwa Wakil Presiden menyatakan kesediaannya untuk mengadakan pembicaraan dengan pihak Belanda.

Arsip mengenai bahan sejarah perjuangan Indonesia yang lengkap yang terdapat di negeri Belanda itu sangat penting artinya bagi Indonesia baik untuk penulisan sejarah maupun untuk bahan penelitian lainnya yang menyangkut perjuangan Indonesia sejak masa permulaan perjuangan. (SH/Ant)