Kantor Pemda Jadi “Stasiun bus”

Kantor Pemda Jadi “Stasiun bus”

Semarang, 15 April 1969 – Indonesia memang selalu mempunyai keanehan-keanehan yang sengaja dibuat maupun tidak, demikian “nyeletuk” pembicaraan penumpang trayek Blora – Semarang yang kebetulan pembantu SH berada dalam kendaraan tersebut.

Yang dimaksud tersebut tak lain ialah Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Blora, yang gedungnya cukup mentereng, dewasa ini dipakai untuk stasiun bus di Blora, jurusan Blora – Semarang, Blora – Cepu, dan Solo.

Sebenarnya oleh yang berwenang dalam mengatur lalu lintas kendaraan bermotor, telah ada stasiun bus yang permanen di daerah itu, yaitu di sekitar alun-alun Blora, tetapi entah karena apa tiba-tiba stasiun bus tersebut berpindah di kantor Pemda.

Selanjutnya menurut keterangan, tak ada satupun kendaraan bus swasta yang mempunyai trayek ke daerah tersebut selain bus-bus yang diusahakan oleh pemerintah daerah yang memonopoli hubungan antar daerah, dan apakah sebabnya tak ada bus-bus swasta beroperasi ke daerah itu belum diperoleh keterangan lebih lanjut. (SH)