Desa Woloan Pusatnya Industri Rumah Kayu

Desa Woloan Pusatnya Industri Rumah Kayu

SHNet, Jakarta – Hanya dibutuhkan waktu  lima menit dari pusat kota Tomohon, terdapat desa Woloan yang sudah terkenal sejak dulu sebagai pusat industri rumah kayu tradisional Minahasa. Memasuki desa ini akan terlihat deretan rumah-rumah panggung yang baru atau sementara dibuat oleh para pengrajin.

Saat memasuki desa ini seolah-olah memasuki suatu lokasi etalase yang memberikan pilihan berbagai tipe, ukuran dan model rumah yang sangat menarik. Dulunya desa Woloan ini hanya memproduksi rumah kayu untuk warga masyarakat lokal atau sekitar kota Tomohon saja.

Tapi seiring dengan waktu dan bertambahnya jumlah penduduk, desa inipun mulai maju dan terkenal dengan keahlian para pekerja dalam membuat rumah panggung. Kini hasil buatan mereka bahkan sudah sampai ke beberapa negara dengan design rumah yang mulai disesuaikan dengan permintaan konsumen.

Desa ini sekarang selain sebagai desa industri penghasil rumah panggung kayu, juga sudah terkenal sebagai salah satu objek wisata yang “harus” dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak heran dari pagi hingga sore tempat ini selalu ramai dikunjungi orang mulai dari warga lokal, wisatawan domestik atau wisatawan mancanegara.

Para pengunjung bisa berkonsultasi langsung dengan para pengrajin/pengusaha setempat mengenai model, bahan, harga dan biaya angkut ke tempat tujuan. Nah kalau, mau ke Tomohon, jangan lupa mampir ke desa Woloan ini. Siapa tahu ada rumah yang cocok untuk kamu. (Maya)