Desa Rurukan Penghasil Sayuran Mayur yang ‘Go International’

Desa Rurukan Penghasil Sayuran Mayur yang ‘Go International’

SHNet, Manado – Desa Wisata Rurukan terletak di Desa Rurukan, Kelurahan Rurukan, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Dengan luas wilayah lebih dari 500 km2, dibagi menjadi dua wilayah yakni Desa Rurukan dan Rurukan Satu.

Desa Wisata Rurukan terkenal memiliki perkebunan sayur mayur yang subur dan bunga (agrowisata). Hal ini didukung oleh posisi geografisnya yang berada di dataran tinggi tepatnya ada di kaki Gunung Mahawu.

Selain berkontribusi pada kesuburan tanah, lokasi ini juga memberikan udara yang sejuk dan tak jarang berkabut.

Desa Wisata Rurukan dikenal sebagai destinasi agrowisata yang menyajikan keindahan bentang alam yang hijau dengan tanaman kebun sayur dan bunga milik warganya. Di samping itu Desa Wisata ini mempunyai obyek wisata alam berupa kawah aktif Gunung Mahawu yang aman didaki hingga ke bibir kawah. Dari lokasi ini juga bisa dilihat pemandangan Pulau Bunaken dan Manado Tua di kejauhan.

Sunrise di Desa Rurukan memang juara, kamu bisa bangun pagi dengan disambut bunga-bunga bermekaran serta hamparan perkebunan sayur yang dibuat secara terasiring. Sejauh mata memandang yang terlihat hanya bunga dan sayur bak permadani berwarna-warni yang menyejukkan mata. Seperti diketahui bahwa kota Tomohon adalah penghasil utama bunga di Sulawesi Utara.

Dari Bukit Temboan tapi pastikan kamu datang sebelum fajar sebab suguhan utama di sana adalah munculnya matahari dari balik bukit yang menawan. Dari bukit ini nampak jelas danau Tondano, Gunung Klabat dan Selat Lembeh. Energi yang terkuras bisa diisi ulang di bukit ini. Di sekitar Bukit Temboan, juga terdapat perkebunan strawberry dan peternakan kelinci.

Anda tidak perlu susah payah untuk bisa menikmati segala keindahan di Desa Wisata Rurukan karena akses menuju ke sana sangatlah mudah. Dari Kota Manado, perjalanan bisa ditempuh selama 1 jam saja dengan kendaraan bermotor.

Angkutan umum pun juga sudah tersedia sehingga memudahkan anda yang datang dari jauh untuk mengakses Desa Wisata Rurukan. Tarif angkutan umum pun cukup terjangkau yang tidak akan menguras kantong. (Maya)