CAKAP Pecahkan Rekor MURI

CAKAP Pecahkan Rekor MURI

Peluncuran CAKAP, aplikasi online kursus bahasa pertama di Indonesia sekaligus memecahkan rekor MURI. (Ist)

SHNet, Tangerang– Sekarang ini kemampuan berbahasa asing menjadi kebutuhan setiap orang yang ingin mengembangkan karier dan pendidikan.

Namun, tak jarang akibat aktivitas yang padat, membuat orang tidak punya waktu untuk pergi ke tempat kursus bahasa. Selain itu juga, lokasi tempat kursus yang jauh dari rumah atau kantor.

Melihat fenomena tersebut, Squline, pelopor pembelajaran online di Indonesia sejak 2014 menyediakan kursus Bahasa Jepang, Mandarin, Inggris dan Indonesia secara online, sehingga pengguna dapat mengakses pembelajaran bahasa asing tanpa terikat waktu dan tempat.

Selama 5 tahun belakangan ini sudah ada 100.000 lebih pengguna Squline. Perusahaan startup ini pun memutuskan untuk berubah nama menjadi Cakap.

“Cakap, berarti kompeten atau terampil dalam Bahasa Indonesia, sejalan dengan visi kami selama ini untuk meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia dengan cara memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang mudah diakses, dapat diterima dan terjangkau untuk masyarakat Indonesia,” ujar Founder sekaligus CEO Cakap Tomy Yunus dalam acara Grand Launching Cakap, di Summarecon Mall Serpong, Minggu.

Peluncuran aplikasi Cakap juga disambut positif oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO). “Peran pemerintah adalah memfasilitasi mereka melalui jejaring untuk terhubung dengan mentor, program dan juga akses pada pendanaan. Di skala besarnya, pemerintah harus dapat mensinergikan inovasi-inovasi yang ada dengan para stakeholder di ekonomi digital,” kata Kepala Seksi Perencanaan Kreativitas TIK, Direktorat pemberdayaan informatika Kominfo Sonny Hendrawan.

Ia berharap, dengan meningkatkan kecakapan digital para talenta muda melalui penggunaan teknologi dapat menjawab kebutuhan pendidikan di semua lini.

Dalam acara tersebut ditandai pula dengan penyerahan Rekor MURI sebagai aplikasi daring pertama belajar bahasa dengan interaksi dua arah secara langsung di Indonesia.

Manager MURI, Triyono mengatakan, “Hari ini Tim MURI ikut berbangga atas prestasi yang berhasil dicapai oleh Cakap sebagai pengembang aplikasi daring pertama Belajar Bahasa dengan Interaksi Dua Arah secara langsung di Indonesia, semoga hal ini bisa menginspirasi generasi muda lainnya untuk dapat berkarya memajukan pendidikan di Indonesia melalui Teknologi”. (Stevani Elisabeth)