Ratna Sari Dewi Tidak Jadi Main Film ?

Ratna Sari Dewi Tidak Jadi Main Film ?

Tolak Peran Selir Dalam Cerita Sejarah Tiongkok

Jakarta, 19 Maret 1971 – Ratna Sari Dewi menurut pers Hongkong telah menolak tawaran perusahaan film Shaw Brothers untuk memegang peran utama dalam sebuah film besar yang sedang diproyektir oleh perusahaan film Hongkong tersebut. Run Run Shaw sebagai pimpinan perusahaan yang bersangkutan menawarkan padanya bayaran yang dapat disesuaikan dengan keinginannya sendiri.

Menurut sumber yang dekat dengan pimpinan Shaw Brothers, janda almarhum Ir. Soekarno kelahiran Jepang itu menolak karena merasa khawatir terhadap kemungkinan timbulnya pengaruh yang kurang baik jika ia bermain dalam film yang akan dibuat di Hongkong itu.

Pada waktu berkunjung ke Hongkong bulan Oktober yang lalu Dewi dikabarkan pernah menyatakan akan dapat menerima tawaran Shaw Brothers “hanya apabila saya dengan demikian tidak akan melukai respek dan perasaan teman-teman saya di Indonesia”.

Jadi selir
Run Run Shaw sejak Agustus 1970 telah berusaha membujuk Ratna Sari Dewi untuk memegang peran utama dalam suatu film cerita mengenai seorang selir termasyur dalam sejarah Tiongkok.

Selir ini mempunyai nama yan harum oleh karena kemurniannya yang bersifat unik. Menurut kisah sejarah Tiongkok ia ditawan oleh hulubalang pasukan penyerbu Turki yang perkasa, lalu dimasukkan ke dalam harem, tapi sekalipun hulubalang itu dapat mencapai “kemajuan”, sang selir dalam cerita yang terkenal itu tetap bersih dan murni dan akhirnya ia meninggal sebagai seorang wanita yang masih gadis.

Run Run Shaw yang dikabarkan tidak mau memilih bintang lain, kecuali Ratna Sari Dewi untuk melakukan peran itu, malah bersedia mengadakan beberapa perubahan dalam cerita mengatasi keberatan Ratna terhadap penamaan “selir” yang tidak dikehendakinya dan mau menggantinya dengan peran seorang “Lady”.

Shaw Brothers masih terus berusaha untuk memperoleh persetujuan Ratna Sari Dewi dan dikabarkan bahwa film yang sedang direncanakan itu adalah suatu usaha perusahaan film Hongkong tersebut untuk merebut suatu kedudukan di pasaran internasional. Juga telah dipertimbangkan untuk memberikan peran pada aktor kenamaan dari Hollywood, Yul Bryner. (Ant)