Paul Smith Berkacamata Abadikan Autentisitas Kota Hong Kong

Paul Smith Berkacamata Abadikan Autentisitas Kota Hong Kong

 

SHNet, HONG KONG – Paul Smith, salah seorang desainer asal Inggris yang terkenal itu,  pernah melakukan perjalanan ke seluruh dunia. Ia mengunjungi Asia sejak tahun 1980-an. Siapa yang mengira kalau berbagai koleksinya sangat dipengaruhi oleh budaya Asia. Misalnya, koleksi gaun etnik, gaun oriental, dan warna-warna yang menakjubkan.

Dalam suatu perjalanan singkat ke Hong Kong baru-baru ini, Paul Smith mencerna dan memahami budaya lokal dengan mengabadikan momen-momen penuh inspirasi melalui kameranya. Keunikan dan autentisitas kota ini dicurahkan melalui “kacamata” sang desainer legendaris.

Sebagai seseorang yang penuh semangat dan percaya dengan pengaruh dari masa lalu, desainer yang kerap disapa Sir Paul ini, terutama berfokus dalam lingkungan lokal Old Town Central, yang telah diremajakan oleh Dewan Pariwisata Hong Kong (Hong Kong Tourism Board) sebagai tempat budaya. Distrik yang menarik ini merupakan tempat meleburnya budaya Hong Kong zaman dulu dengan kelahiran kreativitas yang baru, menawarkan kesempatan serta inspirasi tanpa batas kepada Sir Paul untuk memotret.

Sir Paul mengunjungi dua tempat bersejarah di Hollywood Road yang ikonis, yakni Monumen Nasional Kelenteng Man Mo, yang dibangun pada pertengahan abad ke-19, dan tempat berkebudayaan dan bersejarah terbaru yaitu Tai Kwun, Kompleks Kantor Kepolisian yang telah dipugar dengan perjalanan sejarah lebih dari 170 tahun. Ia juga berhenti sejenak untuk berburu harta karun di gerai barang antik di sepanjang Upper Lascar Road.

Ia juga menapak seni jalanan yang terlihat di setiap sudut Old Town Central. Sir Paul berjalan santai di jalanan tua untuk menjelajahi sebagian karya seni di kota ini. Paul tampak terpana saat menemukan karya seni dinding dengan elemen desain yang mirip dengan pola garis seni khas miliknya.

Berbagai gedung pencakar langit dan warna-warna di distrik ini. Beberapa di antaranya terlihat kontras, tapi penuh pesona di antara budaya lama dan baru. Semua ini menjadi sumber inspirasi dan kreativitas baginya.

Selain Old Town Central, masih ada banyak tempat yang bisa dijelajahi di kota ini. Cukup ikuti langkah-langkah Sir Paul untuk menikmati teh susu khas Hong Kong yang autentik di dai pai dong setempat (warung kaki lima di udara terbuka). Menaiki Star Ferry menyusuri Victoria Harbour yang terkenal di dunia, atau kunjungi salah satu destinasi berbelanja utama di kota ini, Harbour City, yang dinobatkan sebagai tempat para pengunjung untuk dapat menikmati pemandangan 270 derajat dari Victoria Harbour melalui Observation Deck. (ino)