Literasi Digital di Daerah Masih Lemah

Literasi Digital di Daerah Masih Lemah

Ist

SHNet, JAKARTA – Perusahaan layanan cloud terkemuka di Asia Tenggara, Exabytes Indonesia, menyelenggarakan Exabytes Digital Day Roadshow 2019 di tujuh kota. Roadshow tersebut dimulai dari Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, dan Medan.

Roadshow ini untuk menyentuh dan mengedukasi pelaku UKM yang tersebar di wilayah Indonesia. Adapun tema yang diambil dalam roadshow ini adalah Pesat Digital 2019. Dengan acara ini pelaku UKM akan dibekali dengan ragam topik seputar berjualan online mulai dari cara mudah memulai toko online, pemasaran, transaksi, hingga manajemen keuangan.

Country Manager Exabytes Indonesia, Indra Hartawan, di Jakarta akhir pecan lalu mengatakan, acara ini diadakan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran pelaku UKM mengenai keuntungan berjualan online. Menurutnya, meskipun penetrasi internet dan perkembangan teknologi sangat pesat, pemanfaatannya masih minim di kalangan UKM karena kurangnya literasi digital di daerah.

“Produk UKM banyak yang memiliki kualitas prima namun tidak diketahui masyarakat banyak karena pemasarannya yang masih konvensional. Untuk itu, kami ingin agar pelaku UKM lebih memahami potensi digital dan bisa mempraktikannya untuk memajukan usaha mereka,” kata Indra Hartawan.

Ia mengatakan, dengan berjualan secara online pelaku UKM dapat meraup keuntungan lebih besar sebab pembeli yang datang bisa dari mana saja. Berdasarkan data Kominfo, saat ini pelaku UMKM yang go online saat ini baru mencapai 9,61 juta sejak 2017 hingga 2018 dari total 56 juta UMKM. Angka ini tentu masih terbilang minim dan harus terus ditingkatkan agar dapat bersaing di era revolusi industri 4.0.

Ketua Umum Fokus UMKM, Roy Baskoro, mengatakan roadshow oleh Exabytes sangat penting dalam mengedukasi pelaku UKM untuk go digital. Menurutnya, selain memberikan keuntungan, teknologi juga dapat mempermudah pelaku UKM dalam mengelola bisnis.

“Kami optimis acara ini bisa membantu teman-teman UKM untuk naik kelas dengan memahami pemanfaatan teknologi digital. Satu per satu topik akan dibahas secara menyeluruh sehingga ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk bertatap muka secara langsung dengan pelaku UKM dan memberikan solusi  untuk mereka,” kata Roy.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, pengetahuan pelaku UKM mengenai berjualan online semakin meningkat dan semakin banyak yang mulai mengaplikasikannya. Roadhow sendiri berlangsung mulai tanggal 16 Maret 2019 di Kota Bandung. Di Bandung, Exabytes menghadirkan lebih dari 40 pakar eCommerce untuk berbagi pengalaman seputar berbisnis online dan solusi terbaru kepada UKM/UMKM serta turut didukung oleh Fokus UMKM, Jurnal, KoinWorks, Midtrans, Alfatrex, dan EasyParcel.

Exabytes juga menawarkan spesialisasi Web Hosting dan telah melayani lebih dari 100.000 pelanggan di 121 negara, mengelola lebih dari 1000 server dengan lebih dari 100.000 situs web dan lebih dari 1.000.000+ akun email. (inno jemabut)