Desa Air Hitam Penghasil Pinang Terbaik

Desa Air Hitam Penghasil Pinang Terbaik

SHNet Jakarta – Desa Air Hitam, Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko) Kabupaten Muarojambi merupakan salah satu desa, yang memiliki potensi cukup besar untuk menjadi sentra penghasil komoditi pertanian di Jambi. Selain perkebunan karet dan kelapa sawit di desa tersebut terdapat perkebunan pinang milik masyarakat.
Desa ini juga merupakam “gudangnya” pengrajin batu bata yang memasok salah satu bahan bangunan tersebut ke Kota Jambi.
Disepanjang jalan terdapat perkebunan karet rakyat dan, terlihat pula bangsal-bangsal tempat pembuatan batu bata.
Perkebunan sawit dan pinang juga terdapat di sana. Rata-rata dalam satu bulan di Desa Air Hitam dan Desa Kebun Sembilan menghasilkan sedikitnya satu ton buah pinang yang telah dikeringkan dengan cara dijemur dipanas matahari. Buah pinang ini merupakan salah satu komoditi unggulan selain perkebunan karet dan sawit.
Biasanya para petani pinang ialah para petani karet dan sawit yang nyambi menanam pinang. Tidak ada perkebunan pinang skala besar di sana, namun demikian desa itu termasuk penghasil pinang terbesar setelah Kabupaten Tanjungjabung, ujar Mardi salah seorang warga Desa Air Hitam.
Kata Mardi, buah pinang yang di hasilkan di desa tersebut merupakan buah pinang yang ditanam warga diperbatasan lahan antar warga. Kemudian ada juga yang berasa dari tanaman pinang yang ditanam di pekarangan rumah warga.
“Disini belum ada kebun pinang yang terlalu luas, hanya tanaman warga yang merupakan pekerjaan sampingan,” katanya. Mardi sangat gembira mendengar kabar Pemerintah Kabupaten Muarojambi akan mengucurkan dana kepada kelompok tani untuk membuka lahan tidur.
Dirinya berharap bantuan tersebut bisa sampai ketangan petani dan dapat bermanfaat bagi para petani khususnya petani yang ada di desanya. (Maya)