Belanda Tertibkan Dokumen Penyerahan Kedaulatan Indonesia-Belanda

Belanda Tertibkan Dokumen Penyerahan Kedaulatan Indonesia-Belanda

Jakarta, 22 Maret 1971 – Perkembangan yang mendahului penyerahan kedaulatan oleh Belanda kepada Indonesia yang masih merupakan rahasia bagi masyarakat Belanda dalam beberapa waktu akan diterbitkan dalam bentuk publikasi ilmiah dari dokumen resmi mengenai perhubungan antara Nederland dan Indonesia dalam tahun 1945 sampai 1950.

demikian diterangkan oleh Menteri Kebudayaan, Rekreasi dan Kesejahteraan Belanda, Dr. M.A.M Klompe dalam Majelis Rendah di Den Haag, untuk menjawab pertanyaan anggota Parlemen M. Schakel dari Anti Revolutioneire partij.

Menurut Menteri Klompe penerbitan ilmiah tersebut sekarang sedang dicetak. Atas tugas pemerintah Belanda Prof. Dr. SL. Vander Wal telah mengumpulkan dokumen tersebut untuk dibukukan. Jilid pertama dan kedua masing-masing tebalnya 800 halaman. Jilid ketiga masih sedang dikerjakan.

Schakel telah menuntut dari pemerintah supaya tabir rahasia perkembangan yang mendahului penyerahan kedaulatan kepada Indonesia disingkapkan untuk mengakhiri embargo 25 tahun ataasnya. Move tersebut oleh sementara kalangan dipandang sebagai suatu move Pemilu untuk mengingatkan kembali masyarakat Belanda akan kegagalan pemerintahan pimpinan partij van den Arbeid di masa itu.

Dewasa ini menurut Poll yang diadakan di Nederland partai tersebut sedang menanjak kepopulerannya. Penghalang untuk mengadakan kerjasama dengan Katholieke Volka Partij (KVP) telah disingkirkan pula, dengan disingkirkannya “resolusi anti-KVP” pada kongres Partij van den Arbeid bulan Februari yang lalu. (Ant)