“Apa Itu Boleh ?” Tanya Ayah Rachmawati

“Apa Itu Boleh ?” Tanya Ayah Rachmawati

Jakarta, 15 Maret 1969 – Rachmawati 19 tahun putri kedua bekas Presiden Soekarno dari isteri pertamanya Fatmawati, Jum’at pagi telah melakukan pernikahan dengan Martono Marzuki 23 tahun di rumah kediaman Fatmawati di jalan Sriwijaya, Jakarta.

Upacara pernikahan secara adat Jawa dilaksanakan secara sederhana sekali di serambi rumah kediaman Fatmawati yang dihadiri oleh keluarga terdekat dari kedua belah pihak dan teman-teman keluarga yang terbaik.

Diantara yang hadir nampak bekas Wakil Presiden Hatta dan isteri, juga Komodor Puguh dan isteri.
Untuk menghadiri upacara ini Bung Karno telah tiba pada jam 9 pagi dan secara berlebihan rumah ini telah dijaga oleh petugas security bersenjata.

Sesudah upacara selesai, seketika Hatta hendak meninggalkan ruangan, Ibu Fatma yang mengantarkan tamunya ke mobil merasa heran melihat banyak wartawan diluar rumahnya.
Ibu Fatma menjanjikan akan mengusahakan agar para wartawan dapat masuk dan mengambil foto asal tidak berwawancara.

Sesudah makan Ibu Fatma mempersilahkan para wartawan untuk mengucapkan selamat kepada kedua mempelai dan berrsalaman dengan Bung Karno, Bung Karno menoleh ke belakang menanyakan “Apa itu boleh”, yang dijawab security boleh asal tidak melakukan wawancara.

Bung Karno yang empat tahun lalu masih gagah, pada hari pernikahan putrinya yang kedua kelihatan sudah agak cape dan sedikit lebih tua.

Mukanya walaupun diusahakan untuk berseri-seri akan tetapi kelihatan sedikit pucat, tangannya juga dingin bahkan ketika hendak meninggalkan rumah dan menuruni tangga terpaksa diapit oleh dua orang, yang mengantarnya ke bawah hanya Rahmawati dan suaminya, sedangkan Fatmawati tinggal di atas.

Sewaktu mobil hendak jalan, Bung Karno minta agar menuggu sedikit lagi, dibukanya pintunya sekali lagi dan dipeluknya akan kesayangannya sekali lagi lalu pergi sambil meninggalkan tempat itu melambaikan tangan kepada wartawan yang berada di sekitar mobilnya. (SH)