Wandering Earth, Film Fiksi Ilmiah China yang Menantang Hollywood

Wandering Earth, Film Fiksi Ilmiah China yang Menantang Hollywood

Perusahaan Film China

SHNet, Jakarta – China telah memasuki perlombaan ruang sinematik. Wandering Earth, film fiksi ilmiah blockbuster pertama di negara itu, berada di jalurnya, menjadi salah satu film dengan pendapatan tertinggi dalam sejarah Tiongkok.

Film ini telah menghasilkan lebih dari 2 miliar yuan (232 juta poundsterling) dalam enam hari sejak dirilis pada 5 Februari. Ini adalah film terlaris yang dirilis selama musim liburan.
Dilansir dari The Guardian, film itu mengambil waktu masa depan, dimana para pemerintah Bumi menghadapi dengan musibah pemusnahan akibat matahari yang tidak stabil.

Kondisi ini membuat para penghuni planet bumi untuk keluar dari alam semesta dan mencari rumah baru. Tetapi ketika bumi mendekati Jupiter, kerusakan pada sistemnya membuatnya menabrak planet ini.

Film ini digambarkan sebagai persilangan antara Armageddon dan 2001: A Space Odyssey. Film ini dipandang oleh sebagian orang sebagai awal fiksi ilmiah China – sebuah genre yang telah lama didominasi oleh Hollywood. Beberapa film sci-fi buatan China lainnya akan debut tahun ini, termasuk Shanghai Fortress, tentang invasi alien, dan Pathfinder, yang mengikuti pesawat ruang angkasa yang jatuh di planet yang sepi.

Frant Gwo, direktur Wandering Earth, mengatakan kepada portal web pemerintah China.org.cn: “2019 dapat dikenang sebagai tahun nol film blockbuster fiksi ilmiah Tiongkok. Ini bukan hanya tentang satu film yang sukses tetapi tentang kemunculan beberapa film. ”

China sudah menjadi rumah bagi sains yang berkembang dan adegan sastra fiksi spekulatif. Mengembara Bumi didasarkan pada karya Liu Cixin, penulis seri Three-Body Problem dan penulis China pertama yang memenangkan penghargaan Hugo.

“Bumi yang Berkeliaran mengisi kekosongan dalam film fiksi ilmiah Tiongkok. Ini berarti bahwa film-film fiksi ilmiah China telah resmi berlayar, ”salah seorang penggemar film menulis di situs ulasan Douban.

perusahaan film china

2022 lampaui AS
Pasar film China diperkirakan akan melampaui AS sebagai yang terbesar di dunia pada tahun 2022. Pada kuartal pertama tahun lalu, pasar China melampaui AS, dengan film-film seperti Ready Player One dan Pacific Rim menikmati debut box office yang lebih besar di China dari AS.

Namun, studio China belum berinvestasi dalam film fiksi ilmiah. Menurut Liu, penulis novel Wandering Earth, perbedaan utama antara khalayak China dan AS adalah kepercayaan.

“Membangun kepercayaan antara produsen, investor, dan audiens adalah tantangan terbesar di sini,” katanya kepada CCTV, siaran televisi milik negara. “Tidak banyak orang yang percaya pada film fiksi ilmiah Tiongkok,” katanya.

Tak seperti banyak film laris China, Wandering Earth memanggil kembali patriotisme. Tim penyelamat dari seluruh dunia berjuang supaya bisa mendorong kembali dan planet bumi bisa berjalan. Seorang prajurit Rusia mengorbankan hidupnya untuk membantu seorang rekannya orang China.

“Ini bukan film patriotik tetapi film tentang manusia yang menyelamatkan diri mereka sendiri,” kata seorang pengulas. (Ina)