Pertemuan “Empat Mata” Soeharto – Whitlam

Pertemuan “Empat Mata” Soeharto – Whitlam

Sore Ini Pertemuan Delegasi Di Departemen Hankam

Jakarta, 21 Februari 1973 – Perundingan pertama antara Presiden Soeharto dengan PM Australia Gough Whitlam telah berlangsung dengan “empat mata” hari Rabu pagi di Istana Merdeka dengan hanya didampingi oleh masing-masing penterjemahnya yaitu Drs. Widodo Sutyo dari Indonesia dan Forrester dari Kedubes Australia. Pertemuan tersebut berlangsung satu setengah jam dan anggota delegasi menunggu di ruangan lain.

Diduga pembicaraan tersebut berkisar pada usul PM Australia tersebut mengenai pembentukan kerjasama regional baru dengan Indonesia.
Menlu Adam Malik yang tidak hadir dalam pertemuan tersebut ketika ditanya pers belum bersedia memberikan tanggapan/keterangan terhadap usul yang dikemukakan.
Segala hasil pembicaraan tersebut tentu akan tercantum dalam komunike bersama yang akan dikeluarkan pada akhir kunjungan itu, kata Adam Malik.

Dapat diketahui bahwa selesai pembicaraan tersebut Whitlam telah menerima kunjungan Gubernur DKI Jaya Ali Sadikin.

Sedangkan acara Whitlam selanjutnya siang ini adalah menerima kunjungan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Sebelumnya Whitlam telah menerima kunjungan delegasi Dewan Kerjasama Pengusaha RI – Australia yang dipimpin oleh E. Kowara.

Disamping itu akan berlangsung pula pembicaraan antara kedua delegasi mengenai masalah pertahanan dan keamanan bertempat di Departemen Hankam. Malam harinya PM Whitlam akan menghadiri suatu resepsi masyarakat Australia yang berada di Jakarta. (SH)