Pengendalian Sehari-Hari Tugas Kopkamtib

Keputusan Presiden No. 3/1974 Tentang :

Pengendalian Sehari-Hari Tugas Kopkamtib

Jakarta, 20 Februari 1974 – Presiden Soeharto dalam surat keputusannya No. 3 tahun 1974 tanggal 2 Februari 1974 menugaskan kepada Menteri Hankam/Pangab untuk melakukan pengendalian sehari-hari serta mengadakan pengawasan atas pelaksanaan tugas dari Kopkamtib.
Surat keputusan itu berbunyi sebagai berikut :

Menimbang :
Bahwa untuk kelancaran pelaksanaan tugas Kopkamtib serta untuk memantapkan koordinasi antara staf Kopkamtib dengan unsur pertahanan keamanan, perlu menugaskan Menteri Pertahanan Keamanan/Panglima Angkatan Bersenjata untuk melakukan pengendalian sehari-hari serta mengadakan pengawasan atas pelaksanaan tugas Kopkamtib dan para pelaksana khusus Kopkamtib di daerah.
Mengingat :

1. Pasal 4 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945.
2. Keputusan Presiden No. 19 tahun 1969.
3. Keputusaa Presiden . 2 tahun 1974.

Memutuskan/Menetapkan :
Pertama : Menugaskan kepada Menteri Pertahanan Keamanan/Panglima Angkatan Bersenjata untuk melakukan pengedalian sehari-hari serta mengadakan pengawasan atas pelaksanaan tugas dari Kopkamtib.
Kedua : Kepala Staf Kopkamtib mengindahkan petunjuk dari serta melaporkan pelaksanaan tugas sehari-hari kepada Menteri Pertahanan Keamanan/Panglima Angkatan Bersenjata.

Ketiga : Menteri pertahanan Keamanan/Panglima Angkatan Bersenjata serta Kepala Staf Kopkamtib dalam melaksanakan tugasnya seperti tersebut pertama dan kedua keputusan Presiden ini bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia selaku Panglima Kopkamtib.
Keempat : Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Demikian diperoleh keterangan dari Humas Sekretariat Negara Kamis pagi. (SH)