Kuningan MICE Alliance Dukung 2 Juta Wisatawan MICE 2019

Kuningan MICE Alliance Dukung 2 Juta Wisatawan MICE 2019

Kuningan MICE Alliance siap mendukung program pemerintah mendatangkan 2 juta wisatawan MICE tahun 2019. (SHNet/stevani elisabeth)

 

SHNet, Jakarta– Perkembangan Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE) sangat pesat dalam pariwisata.

MICE ini juga erat kaitannya dengan fasilitas perhotelan yang memiliki standar gedung untuk kegiatan pertemuan besar. Sayangnya, di Indonesia masih sedikit hotel yang punya kapasitas untuk menyelenggarakan MICE yang besar.

Padahal pengeluaran wisatawan MICE tiga kali lipat lebih besar daripada wisatawan biasa.

“Bisnis MICE di Indonesia, kami optimis bisa tumbuh. Apalagi setelah didorong Presiden kita agar MICE dikembangkan lebih baik. Karena itu, kami mewujudkan dengan membentuk Kuningan MICE Alliance. Karena kawasan Kuningan salah satu kawasan bisnis paling strategis di Jakarta baik dari rumah, perkantoran, hotel, dan sebagainya ada disana,” papar Chief of Mission Alcor Prime, Jim Tehusijarana, di Jakarta, kemarin.

Dalam aliansi ini, lanjut dia, menggandeng 9 hotel dan 1 perusahaan transportasi. Sehingga Kuningan MICE Alliance diharapkan dapat meningkatkan okupansi maupun utilisasi masing-masing perusahaan.

“Semua even MICE bisa berlangsung di Hall The Kasablanka yang memiliki kapasitas 1.000 ke atas dengan fasilitas yang sangat memenuhi standar internasional,” lontarnya.

Menurutnya, Kuningan merupakan salah satu kawasan bisnis yang strategis di Jakarta. Kolaborasi ini diinisiasi The Kasablanka Hall sebagai pusat penyedia ruangan terbesar untuk acara di area tersebut bersama beberapa hotel mitra menjadi satu tujuan MICE di pusat Kota Jakarta.

“Dengan lebih dari 2.000 kamar yang tersedia dari semua hotel yang berpartisipasi dan ruang acara seluas 14.000 meter persegi, didukung dengan perusahaan transportasi darat, Kuningan MICE Alliance siap mendukung PCO, PEO menyelenggarakan MICE di Indonesia,” kata Jim.

Hal senada juga diutarakan oleh CEO RajaMICE.com Panca R Sarungu. Menurutnya, MICE akan menjadi mesin untuk mendatangkan 20 juta wisman ke Indonesia pada 2019. “MICE sendiri ditargetkan bisa mendatangkan 2 juta wisatawan tahun ini,” ujarnya.

Kepala Sub Bidang Wisata Olahraga dan MICE, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Nur Fatonah mengatakan, wisata MICE bagi negara lain menjadi penyumbang terbesar untuk mendatangkan wisman. Begitu pula dengan Indonesia yang akan menargetkan 2 juta wisman untuk berkunjung ke Indonesia sepanjang 2019.

“Di Indonesia wisata MICE yang berkembang ada di Bali, Jakarta, dan Bandung. Yogyakarta sangat berpotensial. Mereka tidak hanya melakukan meeting, tetapi juga berwisata,” ujarnya..

Ia mengakui, sejak 2012-2017, wisata MICE mengalami naik turun. Maka itu, diperlukan strategi untuk menggairahkan industri MICE di Tanah Air.

Salah satunya Jakarta yang menghadirkan venue MICE baru yang terpadu. Ada venue, hotel, restoran, mal, entertainment di satu lokasi, yaitu Kuningan MICE Alliance. (Stevani Elisabeth)