Jeruk Ikan atau Lemon Cui dari Desa Duminanga

Jeruk Ikan atau Lemon Cui dari Desa Duminanga

SHNet, Jakarta – Jeruk ikan atau sering juga di sebut lemon cui ( citrus microcarpa ) yang banyak kita jumpai di daerah Sulawesi Utara dan Maluku, adalah jenis jeruk yang sering di gunakan oleh masyarakat Sulawesi Utara sebagai penghilang bau amis pada ikan dan daging ,kalau di jawa mereka menggunakan jeruk nipis.

Tidak hanya penghilang bau amis,jeruk kesturi atau jeruk ikan ini sering di jadikan bahan pelengkap masakan tradisional seperti dabu dabu manado dan kuah asam.

Maka dari itulah banyak ditemui jeruk ikan ini di pasar tradisional manado dan sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat Sulawesi Utara.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa jeruk ikan yang banyak kita temui di pasar tradisional manado ini paling banyak di pasok dari Desa Duminanga.

Dengan adanya permintaan akan jeruk ikan yang memanas dari pasar pasar tradisional manado dengan harga beli yang melambung tinggi,sehingganya para masyarakat yang khususnya di desa Duminanga memprioritaskan jenis jeruk yang satu ini.

Sehingganya apabila  berkunjung di desa Duminanga tepatnya di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan ini, maka banyak  dijumpai pohon jeruk ikan di tanam di pekarangan rumah warga dengan jumlah yang banyak.

Sehingga kesempatan ini banyak di manfaatkan oleh para tengkulak yang ada di Desa Duminanga.

Jadi, dengan banyaknya tengkulak  di karenakan di Desa Duminanga ini sangat banyak jeruk ikan atau lemon cui yang di budidayakan warga setempat. (Maya)