Guys, Warna-warna Ini Bagus Buat Kesehatan Mentalmu

Guys, Warna-warna Ini Bagus Buat Kesehatan Mentalmu

Ilustrasi/Ist

SHNet, Jakarta – Tahukah kamu bahwa warna tak hanya indah dipandang mata, tetapi juga bisa mempengaruhi suasana hati dan perilaku. Penelitian menunjukkan warna dapat membantumu berubah dari sedih menjadi bahagia atau marah menjadi tenang.

Ketika datang ke suasana hati, ada empat warna primer. Meskipun warna yang beda tersebut masing-masing memiliki efek yang berbeda, tetapi beberapa ada generalisasinya.

Merah melambangkan kekuatan dan kekuatan dan bahkan dapat merangsang agresi. Kuning dikaitkan dengan kegembiraan, harapan, dan optimisme. Sebagai warna “hangat”, baik merah dan kuning dianggap meningkatkan gairah. Hijau menenangkan secara emosional dan berarti harmoni.

Biru adalah warna kecerdasan, namun sangat menenangkan sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Sebagai nuansa “dingin”, baik biru dan hijau bisa santai. Dilansir USNews.com, banyak penelitian telah menemukan bahwa orang yang tinggal di daerah dengan lebih banyak ruang hijau memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik daripada mereka yang memiliki lebih sedikit ruang hijau.

Sebuah studi Eropa melihat efek pada penduduk kota yang kunjungan secara serngaja ke ruang hijau di empat kota. Mereka menemukan hubungan positif yang kuat, termasuk kesehatan mental yang lebih baik dan lebih banyak vitalitas.

Untuk penelitian lain, peneliti Universitas Negeri Michigan menganalisis data dari sisi lain dunia. Mereka membandingkan efek kehidupan dengan pemandangan laut atau ruang hijau pada penduduk Wellington, Selandia Baru.

Mereka menemukan bahwa hanya dengan memandangi samudra biru atau lautan yang murni dapat secara signifikan meningkatkan tekanan. Tampilan ruang hijau tidak memberikan efek menenangkan yang sama.

Penjelasan yang mungkin menjadi kekurangan atas ruang hijau ini adalah bahwa data tidak membedakan antara hutan asli dan ruang hijau dengan struktur buatan seperti taman bermain. Bagi mereka yang tidak memiliki akses ke properti tepi laut, menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan mood kalian. (Ina)