Emping Jagung Buatan Desa Karanggintung Sangat Tersohor di Banyumas

Emping Jagung Buatan Desa Karanggintung Sangat Tersohor di Banyumas

SHNet, Jakarta – Memasuki Desa Karanggintung Kecamatan Sumbang, tampak terlihat adanya lahan pertanian dengan ditanami jagung. Desa ini sendiri memangdikenal sebagai  desa penghasil jagung. Hampir semua lahan pertanian, digunakan untuk menanam jagung.

Jagung hasil pertanian Desa Karanggintung, juga dikenal memiliki kualitas relatif lebih baik dibanding daerah lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak tengkulak yang datang berburu jagung ke Desa Karanggintung.

Desa ini  pernah mendapat predikat sentra penghasil jagung di Kabupaten Banyumas. Hampir 60 hektare lahan pertanian dimanfaatkan untuk bercocok tanam jagung.

Pernah dinobatkan sebagai sentra pertanian jagung bagi Desa Karanggintung, hingga saat ini yang dipertahankan  oleh warga. Bahkan, saking mahsyurnya pertanian jagung di Desa Karanggintung sampai menarik kelompok tani desa lain untuk berguru. Kelompok tani Desa Karanggintung, diminta menjadi penyuluh pertanian jagung di desa lain.

Namun demikian, warga desa ini belum memanfaatkan secara maksimal adanya panen jagung yang melimpah. Sebab, hasil jagung yang sudah dipipil dan dikeringkan masih di jual dalam bentuk jagung.

Kini olahan makanan bahan dasar jagung ini lambat laun mulai berjalan. Yakni makanan emping jagung buatan warga. Produk olahan makanan jagung ini rencanakan masuk sebagai salah satu produk unggulan BUMDes.

BUMDes yang dibentuk, menitikberatkan sektor usaha agar meningkatkan PADes. Menurut rencana, BUMDes akan menempati sebuah kios dan dibuat semacam mini market.

BUMDes Desa Karanggintung juga direncakan untuk mengelola sampah perumahan. Sebab, sejauh ini sampah dari sejumlah perumahan di Karanggintung langsung dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Sampah-sampah itu nantinya akan dipisah antara organik dan anorganik. Untuk pengolahan sampah, akan dibuat kelompok sendiri. (Maya)