Agro Wisata Mangga Gedong Gincu di Desa Jembarwangi

Agro Wisata Mangga Gedong Gincu di Desa Jembarwangi

SHNet, Jakarta – Desa Jembarwangi, Keca­matan Tomo  kini menjadi area wisata mangga Gedong Gin­cu. Wilayah tersebut me­ru­pa­kan sentra penghasil mangga Gedong Gincu selain 9 desa lainn­ya, penghasil gedung gincu yang tersebar di kecamatan Tomo dan Jatigede.
Objek wisata berupa kebun, memang sudah ada di taman buah wilayah Cileungsi- Bogor. Pengembangan ob­jek wisata dengan konsep ke­bun mangga yang nantinya pe­ngunjung bisa memetik sen­diri mangga yang ada kebun.
Akan dikonsep juga, dalam kebun wisata itu, tempat peris­ti­rahatan dan taman yang luas sehingga akan menarik pengunjung untuk berwisata kebun.
Seain untuk potensi wisata justru lebih jauhnya dapat meles­ta­rikan dan memperkenalkan ke­­pada luar bahwa mangga Ge­dong Gincu adalah asli komoditas Sumedang.
Dengan itu, diharapkan Pem­kab Sumedang menyelesaikan monumen Gedong Gin­cu yang dibangun di pertigaan Tolengas Kecamatan Tomo sebagai pintu masuk.
Bangunan monumen tersebut harus melambangkan replika mangga Gedong Gincu. Konsep kebun wisata akan menjadi sumber kekayaan wisata di Sumedang.
Mangga Gedong Gincu seperti diketahui merupakan komiditas unggulan Sumedang. Mang­­­ga tersebut banyak tumbuh di wilayah Tomo dan Jatigede. (Maya)