Sundulan Tomiyasu Singkirkan Arab Saudi

Sundulan Tomiyasu Singkirkan Arab Saudi

Takehiro Tomiyasu / ist

SHNet, Sharjah – Pemain belakang Takehiro Tomiyasu mencetak satu-satunya gol saat Jepang menundukkan Arab Saudi 1-0 dalam babak 16 besar Piala Asia, Senin (21/1) malam. Sundulan Tomiyasu di depan mulut gawang kiper Mohammed Al Owais cukup untuk menyingkirkan tim besutan Juan Antonio Pizzi dan membawa The Blue Samurai melenggang ke perempat final.

Sebuah set-piece manis didapat tim arahan Hajime Moriyasu itu di menit 20, dan Tomiyasu yang bergerak naik meninggalkan posnya mampu menyambut bola dengan tepat untuk mengarahkannya ke pojok gawang Al Owais.

Padahal Arab Saudi, yang menjadi juara tiga kali turnamen ini, mendominasi jalannya pertandingan, tetapi Salem Al-Dawsari dan kawan-kawan tidak dapat menemukan jalan untuk melewati pertahanan Jepang yang bermain lugas.

Dua peluang di dapat Arab Saudi saat mereka berusaha mengejar ketinggalan, namun tembakan Hatan Bahbri melesat tipis dari tiang atas gawang Shuichi Gonda, sementara Jepang mendapat peluang emas dari Yoshinori Muto yang sayangnya tembakan penyerang Jepang tersebut masih dapat digagalkan barisan belakang lawan.

Di babak perempat final, Jepang kembali akan bertemu dengan Vietnam yang kembali membuat kejutan setelah menang adu penalti melawan Yordania 4-2, Sebelumnya di waktu normal hingga babak tambahan kedua tim bermain imbang 1-1. (HNP)