Polisi Tangkap Bagus Bawana Penyebar Hoaks 7 Kontainer di Sragen Jawa Tengah

Polisi Tangkap Bagus Bawana Penyebar Hoaks 7 Kontainer di Sragen Jawa Tengah

 

SHNet, Jakarta –  Bagus Bawana Putra  pelaku penyebar hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos, ditangkap oleh aparat kepolisian di Sragen, Jawa Tengah pada Senin (7/1/2019) pagi.  Tersangka merupakan warga Bekasi, Jawa Barat. Ujar Dirsiber Bareskrim Polri, Brigjen Pol A Rachmad Wibowo.

” Benar tersangka  tinggal di Bekasi namun  kami tangkap di Sragen, Jateng pada Senin (7/1/2019) kemarin. Setelah kami lakukan pemeriksaan hingga statusnya menjadi tersangka,” kata Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen Pol Albertus Rachmad Wibowo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Rabu (9/1/2019).

Bagus merupakan Ketua Dewan Koalisi Relawan Nasional (Kornas) Prabowo Subianto. Namun komunitas relawan itu tak terdaftar di Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. BPN juga menyatakan tak kenal dengan Bagus.

Polisi telah mencocokkan suara Bagus dengan rekaman yang beredar. Hasilnya, suara Bagus dinyatakan cocok dengan suara pria di rekaman yang beredar.

Setelah membuat rekaman suara, Bagus menyebar rekaman tersebut ke WhatsApp Group (WAG) dan sejumlah platform media sosial. Setelah viral, dia lalu membuang HP dan kabur.

“Setelah viral tersangka menutup akun, membuang HP, membuang kartu (SIM-red) dan melarikan diri,” ujar Rachmad.

Polisi sendiri hingga kini masih mendalami motif tersangka Bagus Bawana Putra  menyebarkan hoaks surat suara tercoplos. Tersangka Bagus membuat suara hoaks lalu menyebarkan hingga menjadi viral di media sosial.

” Kami masih terus melakukan pendalaman, apa motif tersangka menyebarkan berita hoaks tersebut. Yang jelas kami akan tuntaskan kasus ini,’ tegas Rachmad Wibowo. (Maya Han)