Pesona Bukit Pelangi Kalabba Maja

Pesona Bukit Pelangi Kalabba Maja

Kalabba Maja, bukit pelangi yang ada di Indonesia. (Dok. Instagram/jnrlavigne)

SHNet, Sabu- Bukit pelangi yang merupakan keajaiban alam ternyata tidak hanya ada di Zhangye Danxia atau Painted Hills yang ada di Oregon, Amerika Serikat.

Di Indonesia juga ada bukit pelagi seperti itu. Namanya Kalabba Maja yang ada di Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di Kecamatan  Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua. Dekat dengan pantai selatan Sabu.

Bukit pelangi tersebut merupakan jenis geomorfologi petrografis yang unik bentuknya. Kalabba Maja memiliki lapisan bebatuan yang terbentuk jutaan tahun yang silam. Termasuk batu pasir merah dan deposit mineral membentuk lapisan demi lapisan.

Selain bukit pelangi, Kelabba Maja juga memiliki beberapa batu keseimbangan yang dianggap sebagai perlambang ayah, ibu, dan anak. Ketiga batu ini berdiri dengan kokoh di pucuk tebing yang meruncing.

Masyarakat setempat terutama warga Desa Gelanalalu percaya Kelabba Maja sebagai tanah dewa. Mereka percaya bukit-bukit penuh warna itu merupakan tempat berdiamnya dewa Maja.

Di sana juga terdapat batu yang digunakan sebagai altar pemujaan bagi sang dewa. Setiap tahun masih diadakan ritual penyembelihan kurban demi memohon perlindungan dari Maja

Pesona alam bukit pelangi ini membuat para wisatawan kepincut dengan keindahannya melalui foto-foto keren di instagram.

Sayangnya seperti kebanyakan objek wisata yang nyaris masih perawan, Kelabba Maja juga sulit diakses. Kondisi jalanan yang masih dalam proses pembangunan, para wisatawa harus berjuang berjalan kaki selama kurang lebih 2 jam. Jadi dibutuhkan fisik yang prima untuk mencapainya. (Stevani Elisabeth)