Keren, Nama Bunga Jadilah Desa Bakung

Keren, Nama Bunga Jadilah Desa Bakung

SHNet, Jakarta – Desa Bakung merupakan desa yang terletak di kecamatan Mijen kabupaten Demak. Keseharian masyarakat Desa Bakung adalah bercocok tanam, ber tani , buruh tani, peternak sapi dan peternak Kambing, bangunan dan buruh yang lainya.

Mengingat keadaan wilayah Desa Bakung   persawahan 80 % dari luas Desa Bakung.

Letak geografis Desa Bakung berada di wilayah utara Kabupaten Demak. Dengan batas disebelah utara adalah dengan Desa Mijen, sebelah timur berbatasan dengan  desa Jatirejo, sebelah selatan dan sebelah barat berbatasan dengan desa Ngelowetan dan desa Mlaten.

Pertumbuhan perekonomian desa masih didominasi oleh sektor pertanian . Peternak sapi hanya sebagian masyarakat yang melaksanakan kegiatan ini.

Peternak Ayam hanya beberapa Orang yang melaksanakan kegiatan ini karena memerlukan pembiayaan yang besar.

Dulunya desa bakung hanyalah sebuah tempat tak berpenghuni yang banyak ditumbuhi oleh sejenis tanaman sejenis bunga Bakung. Dimana bunga tersebut diketahui bunga sejenis lili.

Yang kemudian dipangkasi dan dibuat menjadi pemukiman oleh danyang (orang pertama yang menduduki sebuah desa).

Namun meskipun telah dipangkasi, ternyata bunga tersebut terus saja tumbuh ditanah tersebut. Pada akhirnya, karena terlalu banyaknya tumbuh bunga tersebut maka para penduduk pun menamai wilayah tersebut dengan nama bunga tersebut yaitu Bakung.

Maka sejak itupun pemukiman tersebut berkembang menjadi desa yang disebut desa Bakung.

Secara garis besar mayoritas pekerja warganya adalah sebagai petani bagi kalangan orang tua. Sedangkan untuk kalangan anak muda kebanyakan berwiraswasta dan banyak yang menjadi pengusaha. Anak muda desa bakung sendiri cukup mandiri. (Maya Han)