Crawford vs Amir Khan Diputuskan Tarung 20 April

Crawford vs Amir Khan Diputuskan Tarung 20 April

Terence Crawford vs Amir Khan

SHNet, New York – Amir Khan yang menjadi penantang kelas di welter harus berjuang keras membuat keputusan tentang pertarungan mana yang harus ia jalani. Apakah menghadapi juara dunia kelas welter dan jago pound-for-pound, Terence Crawford, atau haruskah dia melawan mantan juara kelas welter dan rivalnya dari Inggris, Kell Brook? Namun ternyata Khan lebih memilih mempertaruhkan karirnya di ring tinju dengan menantang Crawford yang rencananya akan dihelat pada bulan April mendatang.

Crawford, mantan juara kelas ringan dan juara dunia kelas welter junior yang tak terbantahkan, akan mempertahankan gelar juara kelas welter untuk kedua kalinya melawan Khan pada 20 April sebagai pertarungan utama yang digelar Top Rank dan akan disiarkan ESPN lewat pay-per-view.

Tempatnya belum ditentukan, tetapi Bob Arum sebagi promotor Top Rank baru-baru ini mengatakan kepada ESPN bahwa pertarungan akan berlangsung di Madison Square Garden di New York atau di salah satu arena MGM Resorts International di Las Vegas, yakni MGM Grand Garden Arena, T-Mobile Arena atau Mandalay Bay Events Center.

Khan, 32 tahun, jauh-jauh hari sebenarnya telah dicoba untuk dipertemukan dengan Brook melalui promotor Matchroom Boxing, Eddie Hearn. Tetapi tawaran sebesar US$ 5 juta plus memenangkan kembali gelar juara dunia dari Top Rank sulit ditolak oleh kubu Khan. Lawan yang dihadapi salah satu petinju elit di kelasnya, Terence Crawford yang memiliki rekor 34 kemenangan tanpa pernah sekali pun kalah.

“Keputusan untuk bertarung melawan Kell Brook atau Crawford telah menjadi salah satu keputusan tersulit dalam karir saya hingga saat ini,” kata Khan. “Jelas, para penggemar Inggris ingin melihat Khan melawan Brook, tetapi saya tidak bisa menolak kesempatan untuk memenangkan gelar WBO. Itu tidak berarti bahwa pertarungan Brook tidak akan terjadi, karena saya ingin pertarungan itu terjadi secepatnya,”tambahnya.

“Melawan seorang juara dunia tidak akan mudah, tetapi ini adalah tantangan yang saya butuhkan pada tahap karier saya. Saya sepenuhnya termotivasi dan siap untuk kamp pelatihan terbaik dalam hidup saya. Crawford dapat dikalahkan, dan saya menginginkan gelar WBO. Ini akan menjadi pertarungan yang luar biasa,” ujar Khan mantap.

Crawford yang memiliki rekor 25 kemenangan KO sebenarnya ingin menghadapi lawan-lawan top, tetapi pemegang gelar kelas welter lainnya – Errol Spence Jr., Keith Thurman dan Shawn Porter, belum lagi mantan pemegang gelar, Danny Garcia, tidak tersedia baginya. Tidak hanya mereka berempat memiliki jadwal pertarungan lain, selain itu mereka masing-masing bertarung di bawah bendera Premier Boxing Champions dan terikat kontrak kemitraan siaran dengan PBC, Showtime dan Fox, sementara Crawford mempunyai kerjasama dengan ESPN. Itulah yang membuat transaksi apa pun dari lawan-lawanya tersebut menjadi sangat rumit. (TJE)