Belum Ada Langkah Baru Pencairan Hubungan RI – RRC

Belum Ada Langkah Baru Pencairan Hubungan RI – RRC

Jakarta, 17 Januari 1975 – Dubes RI di PBB Drs. Anwar Sani mengatakan bahwa ia belum mendapat instruksi kearah usaha pencairan hubungan diplomatik dengan RRC. Sampai sekarang belum ada langkah baru yang diambil pemerintah RI dalam hubungan kemungkinan pembukaan hubungan diplomatik dengan negara tersebut, katanya.
Menurut Anwar Sani, approach yang dilakukannya selama ini di PBB terhadap wakil RRC hanyalah bersifat informil saja.

Dubes Sani dewasa ini berada di Jakarta untuk berkonsultasi dengan pemerintah berhubung keanggotaaan RI di DK PBB sudah berakhir bulan Desember 1974 yang lalu.
Kepada “SH” ia mengatakan bahwa ia datang untuk minta nasehat mengenai bentuk dan pengarahan yang baru ditempuh oleh perwakilan RI di PBB dalam hubungan dengan masalah keanggotaan Khmer di badan dunia tersebut dan dalam hubungan dengan hukum laut.

Dubes Sani dan Dubes Kamil dalam waktu dekat direncanakan akan mengadakan perjalanan masing-masing ke Afrika dan negara Arab, dalam usaha menjajagi sikap pemerintah negara di kedua wilayah tersebut dalam hubungan dengan policy wawasan nusantara Indonesia.

Kita harus mengetahui dengan persis komitmen yang lebih tegas dari negara tersebut dalam hubungan dengan wawasan nusantara agar kita mempunyai gambaran jelas sebelum konferensi hukum laut berikutnya berlangsung di Jenewa, demikian Dubes Sani. (SH)

 

1213-1