Indahnya Pemandian Air Panas di Sipoholon, di Tapanuli Utara

Indahnya Pemandian Air Panas di Sipoholon, di Tapanuli Utara

SHNet, JAKARTA – Ingin berendam di air panas bak di Pamukkale di Turki. Tidak perlu harus jauh-jauh ke Turki, dimana di kota itu terdapat air panas yang mengalir dengan indahnya. Jika ingin merasakan berendam di pemandian air panas Pamukkale, Anda tak harus jauh-jauh ke Turki. Di Indonesia, tepatnya di Tapanuli Utara juga ada objek wisata yang mirip dengan Pamukkale. Objek wisata tersebut adalah pemandian air panas Sipoholon. Tempat ini selalu ramai disinggahi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Pemandian air panas ini memiliki banyak persamaan dengan Pamukkale. Di setiap sudutnya, ada pegunungan pasir yang memancarkan warna putih. Objek wisata alam yang terbentuk akibat letusan Gunung Martimbang ini mengandung belerang.

Banyak pengunjung yang percaya jika kandungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Aliran air panasnya bersuhu sekitar 40-70 derajat celcius. Jadi, sangat cocok dijadikan tempat relaksasi.

Banyaknya kandungan belerang dan kapur yang terdapat di sini, membuat setiap bebatuan yang ada berubah jadi warna-warni. Saking kayanya kandungan belerang, banyak endapan belerang di pinggir kolam. Penduduk setempat biasanya akan memakaikan endapan ini untuk membersihkan wajah saat berada di pemandian, agar wajah menjadi lebih bersih dan halus.

Selain sebagai tempat relaksasi, pemandian air panas Sipoholon juga memiliki spot foto unik yang Instagramable. Spot foto ini adalah barisan bukit kapur berwarna putih dengan semburat hijau. Karena keunikannya, banyak anak-anak muda yang rela datang ke air panas Sipoholon hanya untuk berfoto.

Selain kolam dan kamar mandi, di tempat ini juga sudah tersedia penginapan bagi wisatawan. Bagi masyarakat Sumatera Utara, sumber air panas Sipoholon ini sudah sangat terkenal. Jika ingin merasakan sensasi berendam di Sipoholon, pengunjung hanya membayar tiket masuk Rp5.000.

Pemandian Air Panas Sipoholon bukanlah satu-satunya destinasi wisata pemandian air panas yang terdapat di Tapanuli Utara. Namun, pemandian inilah yang paling mudah dijangkau. Letaknya strategis karena berada di pinggir jalan lintas Timur Sumatera, yaitu jalan Siborong-borong menuju Kota Tarutung. Bila Anda berangkat dari Medan, lama perjalanan yang dihabiskan sekitar 6-7 jam dengan rute Medan-Tebing Tinggi-Pematang Siantar-Parapat-Porsea-Balige-Siborongborong-Sipoholon. (Maya)