Mereka Iuran Untuk Perbaikan Lingkungan

Mereka Iuran Untuk Perbaikan Lingkungan

Foto: odesa.id

SHNet – Musim hujan yang terus menerus mengguyur kawasan Bandung Utara (KBU) belakangan ini dimanfaatkan oleh belasan Karyawan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jawa Barat untuk bakti sosial tanam pohon Kelor (Moringa Oleifera).

Mereka menyempatkan waktu kegiatan karena sadar pentingnya berbagi untuk masyarakat di Cimenyan Kabupaten Bandung yang dilanda krisis lingkungan. Selain masalah krisis lingkungan, masyarakat terutama di desa-desa membutuhkan sumber gizi yang baik sehingga kelor patut ditanam oleh para petani.

“Harapan kami, para petani mendapat contoh konkret dengan tindakan ini, dan ratusan pohon yang kami tanam ini bisa menjadi sumber bibit pertanian lebih lanjut,” kata Hari Santoso,Asdepwil bidang Manajemen Mutu& Risiko BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat, Selasa (5/12).

Menurut Hari Santoso, ia dan teman-temannya mengumpulkan iuran untuk program bantuan penanaman kelor. Di ladang milik salahsatu petani kampung Cikored Desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan tersebut para karyawan BPJS Ketenagakerjaan terjun langsung bersama petani menanam pohon bernama latin Moringa Oleifera yang dikenal sebagai bahan penghasil superfood tersebut. Hujan gerimis tidak menyurutkan semangat mereka.

Kelor dipilih sebagai tanaman dalam kegiatan sosial ini karena memiliki tiga manfaat besar bagi perbaikan hidup masyarakat. Pertama, penghasil sumber gizi tinggi terbaik di dunia. Kedua, berperan baik untuk menahan erosi tanah dan juga berfungsi sebagai pelindung tanaman pangan lain, terutama kopi. Ketiga, belum banyaknya masyarakat yang tertarik dengan kelor sehingga penting dikampanyekan lebih massif.

“Musim hujan adalah kesempatan terbaik menumbuhkan kelor. Semoga nanti dari ratusan bibit ini bisa menjadi sumber pembibitan lebih lanjut dan Bandung memiliki sumber pangan bergizi dari Kelor,” terang Hari. (odesa.id)