Desa Brajan Perajin Bambu Yang Terkenal di Pasar Eropa

Desa Brajan Perajin Bambu Yang Terkenal di Pasar Eropa

SHNet, Sleman –  Berawal dari ‘besek dan ceting’ yang biasa disebut tempat nasi yang di buat dari perajin bambu, kini Desa Wisata Brajan yang letaknya berada di Sendangagung Minggir Sleman Yogyakarta, kini dikenal dan lebih berkembang jaman kerajinan bambu mengalami deversifikasi hingga saat ini telah menghasilkan lebih dari 110 jenis kerajinan bambu.

Berkat kerajinan bambu inilah Desa Wisata Brajan menjadi lebih dikenal dan berkembang hingga diakui sebagai Desa Wisata,  dimana wisatawan dapat berkunjung  untuk mempelajari  karya- karya kerajinan dari bambu yang memang banyak ditanam di desa tersebut. Tidak itu saja, namun para wisatawan juga dapat membeli oleh-oleh hiasan dan kerajinan  dari bahan dasar bambu khas Desa Brajan.

Seperti diketahui, kerajinan bambu merupakan salah satu industri kreatif Yogyakarta, yang memiliki nilai seni dan budaya yang sangat tinggi serta banyak digemari banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Setiap harinya, tak terhitung wisatawan mancanegara mendatangi desa yang sudah dikenal ke negara sahabat berkat kerajinan bambunya itu.  Berkat UKM kerajinan bambu merupakan icon Dusun Brajan, sebagai Desa Wisatawan Budaya di Yogyakarta.

Produk UKM Brajan  sangat digemari, karena memiliki keunggulan pada kualitas dan seni yang tinggi. Keunggulan produk bambu Brajan, desainnya dikenal sangat bagus dan halus serta selalu baru pun selalu mengikuti trend market eksport hingga banyak disenangi karya perajin dari Desa Wisata Brajan baik dari turis lokal maupun mancanegara.

Di Desa Wisata Brajan ini, penduduknya sebagian besar bermatapencarian sebagai perajin bambu. Dari kerajinan bambu inilqh membawa nama desa Brajan makin dikenal. Selain kerajinan dari bambu, Desa Brajan juga memiliki kesenian yang menjadi potensial wisata. Kesenian tersebut adalah adanya ‘kuntulan’ atau seni relegius Islam, Campursari, Kerawitan, Cokekan, Shalawat.

Tidak itu saja, namun keindahan alam Desa Brajan masih sangat alami dan keramahan masyarakatnya akan menjadi pengalaman tersendiri bagi para wisatawan. Dan kita boleh bangga dengan kerajinan bambu ini, karena kerajinan bambu dari Desa Brajan ini juga di pasarkan secara Internasional dan di pasar Eropa  adalah penikmat tetap kerajinan khas Desa Brajan. (Maya Han)