Cantiknya Desa Bibury di Inggris

Cantiknya Desa Bibury di Inggris

SHNet, Bibury – Pernah membayangkan ada desa dengan pemandangan cantik seperti negeri dongeng? Datanglah ke Desa Bibury di Inggris. Desa ini terkenal sebagai yang paling cantik di Inggris, semua turis pasti terkesima keindahannya!

Desa Bibury terletak di wilayah Gloucestershire, Inggris. Desa mungil ini terkenal  karena pesona dan keindahannya yang mirip dengan negeri dongeng. Desa ini memiliki pemandangan indah khas wilayah Costwold, Inggis dan terkenal dengan rumah pondok batu tradisional yang berasal dari abad 17-an.

Rumah tradisional dari batu berderet rapi menghadap jalan setapak dan Sungai Coln. Gereja, katedral kuno, serta penginapan ditata dengan sangat cantik. Apalagi, seluruh Desa Bibury penuh bunga warna-warni begitu tiba musim semi.

Mengutip situs resmi Desa Bibury, ada beberapa tempat yang jadi favorit turis di desa ini. Salah satunya adalah Arlington Row, jalan penuh deretan rumah tradisional dari batu yang menghadap Sungai Coln. Ada pula Bibury Trout Farm, Saxon Church, dan Church of St Mary.

Sungai Coln membelah desa ini menjadi 2 bagian. Tak perlu menyewa kendaraan, karena turis cukup berjalan kaki untuk mengelilingi desa cantik ini. Anda juga akan menemukan tempat-tempat fotogenik antara lain Blenheim Palace, Cotswolds Water Park, dan Westonbirt Arboretum.

Dulu Bibury adalah desa penghasil wol pada abad pertengahan. Industri kain di desa ini banyak berkembang di sepanjang sungai Coin. Namun sangat disayangkan, pada akhir abad 18,industri wol di Bibury menghilang sepenuhnya dan diambil alih oleh industri penggilingan jagung yang  bertahan hingga tahun 1920-an.

Meskipun industri wol dan jagung di Bibury sudah tidak ada, tetapi masih bisa melihat bangunan-bangunan yang dulu dipakai hingga sekarang. Meskipun fungsinya sudah tidak sama lagi. Desa ini sendiri masuk dalam area yang dilindungi. Dan untuk tetap mempertahankan karakter tradisional desa ini, kesempatan pembuatan bangunan baru di Bibury juga sangat terbatas, dan kalaupun ada harus mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu mengikuti gaya arsitektur tradisional khas Bibury dan juga mengikuti material tradisional. (Maya Han)