Wow …., Bekasi Punya Tempat Wisata Situ Rawa Gede Namanya

Wow …., Bekasi Punya Tempat Wisata Situ Rawa Gede Namanya

SHNet, Bekasi – Diperlukan satu jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum menuju kota Bekasi yang dikenal dengan panasnya dan tidak itu saja Bekasi juga dikenal dengan kemacetan lalu lintasnya. Tapi taukan kalian semua, bahwa di Bekasi terdapat tempat rekreasi dengan pemandangn yang indah nan cantik ini. Hanya berjarak 15 kilometer dari pusat Kota Bekasi, untuk mencapai ke ‘Situ Rawa Gede’.

Situ Rawa Gede setiap akhir pekan banyak dikunjungi oleh masyarakat Bekasi, atau dari luar Bekasi hanya untuk berekreasi memandang alam ciptaan Tuhan, yang begitu indah untuk dipandang mata ini.  Situ Rawa Gede, awalnya adalah hanya sebagai resapan air pembuangan dari sekitar kawasan situ yang berlokasi di Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi.

Situ Gede merupakan danau seluas 73.554 m2 dengan suasana alam yang masih asri dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh mengelilingi di kawasan tersebut. Situ Rawa Gede ini merupakan obyek wisata alam yang belum tergarap maksimal oleh pemerintah setempat. Tidak itu saja, masih banyak orang meragukan keindahan alam Situ Rawa Gede yang indah ini dikarenakan belum optimal fasilitas yang ada ditempat objek wisata di Bekasi ini. Tidak hanya itu, ditempat rekreasi ini juga tampak kotor dengan banyaknya sampah di pinggiran Situ, dan banyaknya tumbuhan air eceng gondok yang banyak tumbuh dengan liarnya.

Untuk itu, direncanakan dalam waktu dekat ini Pemerintah Kota Bekasi akan memperindah menjadi destinasi wisata baru dengan tujuan agar menjadi tempat konsevasi air dengan sebagian menjadikan resapan air dan cadangan air ketika musim kemarau tiba.

Promoasi dan Budaya

Kawasan Situ Rawa Gede ini rencananya akan dirancang dengan mengusung konsep pusat promosi dan budaya Kota Bekasi, yang kemudian didalamnya akan tersedia taman tematik serta usaha mikro kecil dan menengah yang bertemakan budaya Bekasi. Dan tencannya Situ Rawa Gede ini akan direalisasikan pada tahun 2020 mendatang.

Kepala Rinaw Budaya dan Pariwisata Kota Bekasi, Ahmad Zarkasih mengatakan, dengan melakukan penataan terhadap Situ Rawa Gede maka akan menambah destinaai wisata di Kota Bekasi. Namin demikian, pada tahun 2019 nanti Pemerintah masih akan menyempurnakan dulu perencanaannya dengan membuat detail enggeneering designnya terlebih dahulu baru perencanaannya.

“Bisa jadi, destinasi wisata baru,jadi penataannya harus dilakukan secara detail karena dibutuhkan anggaran besar. Dimana saat ini status kepemilikan ‘ Situ’ masih di bawah kewenangan Kementerian PUPR ,” katanya.

Dahulu, Situ Rawa Gede sempat menjadi danau yang agak terbengkalai sehingga malah menyerupai rawa-rawa kotor. Meskipun belum sepenuhnya dikembangkan, kawasan Situ Rawa Gedw ini juga terdapat fasilitas lainnya berupa pemancingan alami dan tidak jelas ada ikan apa saja di dalam danau tersebut. Fasiitas lainnya adalah berupa penyewaan perahu rakitan sederhana untuk menelusuri Situ Gede ini pengunjung dapat menikmati pemandangan indah nan cantik di situ gede .

Karena masih kurangnya fasikitas di wisata Situ Gede,hingga membuat efek yang jarangnya diminati dan menjadikan dikenal. Namun kelebihan dari situ gede di Bekasi ini adalah tidaknya dipungut biaya bagi masyarakat yang datang unktuk berkunjung katena Situ Gede ini masih terbilang tempat umum. Dikarenakan tidak dipungut biaya untuk berkunjunh, pengelola terhadap kawasan ini masih kurang terjaga.

Bila ingin berkunjung ke kawasan Siti Gese yang berada di wilayah Bekasi, kitq akan dapat menemukan banyak transportasi umum menuju ke kawasan jalan Kampung Bojong Menteng. Salah satu angkutan umun yang dapat dicoba adalah angkot M56 beroperasi dari Kampung Rambutan ke Kampung Bojong Menteng.

Tetapi pengguna Google Maps juga diperlukan untuk menemukan lokasi Situ Gede sendiri kita harus melewati peemukiman rumah warga dan gang kecil yang hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda dua untuk sampai di Situ Rawa Gede yang terletak di kota Bekasi. (maya han)