Polisi Tolak Permintaan Tahanan Kota Ratna Sarumpaet

Polisi Tolak Permintaan Tahanan Kota Ratna Sarumpaet

SHNet, Jakarta –  Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya menolak permintaan permohonan tahanan kota untuk Ratna Sarumpaet, yang di ajukan oleh anaknya  Atiqah Hasiholan ke penyidik. Penolakan ini dikatakan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Argo Yuwono.

“Soal permohonan tahanan kota yang diajukan untuk tersangka Ratna Sarumpaet itu, tergantung penyidiknya. Jadi semuanya itu tergantung penyidik ya, setau saya kasus ini akan segera dilimpahkan berkas perkaranya,” Ujar Argo di Polda Metro Jaya, Rabu (7/11/2018).

Kembali dijelaskannya, penyidik sedang membuat  kesimpulan  dari keterangan tersangka dan saksi kasus hoaks penganiayaan. Jika sudah selesai, berkas akan langsung di kirim ke Kejaksaan

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur Kriminal Khusus Polda Meto Jaya, Kombes Pol Nifo Afinta mengatakan, bahwa kasus yang menjerat Ratna Sarumpaet ini masih dalam  pemeriksaan.

” Kasus ini masih kami proses pemeriksaan, untuk itu masih dibutuhkan keterangan lainnya. Jadi, tunggu saja,” katanya melalui pesan singkatnya.

Atiqah Hasiholan diketahui  datang menjenguk Ratna Sarumpaet di Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya. Usai menjenguk, istri dari Rio Dewanto itu mengungkapkan kembali kondisi terkini sang bunda.

Menurutnya, saat ini kondisi Ratna Sarumpaet semakin menurun. Ia masih sulit makan. Bahkan badan aktivis berusia 69 tahun itu semakin tak enak saat berada di penjara. Sampai akhirnya Ratna Sarumpaet sempat dipijit.

“Ya masih sama dengan kemarin-kemarin ya (kondisinya). Masih sulit makan. Kemarin sempat dipijit sih, kayaknya badannya mungkin enakan dikit,” kata Atiqah Hasiholan saat ditemui di Dirkrimum Polda Metro Jaya, Rabu (7/11/2018).

Bahkan setiap makanan yang dibawa oleh Atiqah Hasiholan, tak ada satu pun yang dimakan. Hanya bubur saja yang bisa diterima oleh perut Ratna Sarumpaet.

“Makanan kesukaannya nggak ada yang dimakan. Jadi waktu itu sempat trial and eror semua jenis makanan yang enak-enak, yang menurut kita enak kita bawain tapi nggak kemakan akhirnya ujung-ujungnya yang kemakan yang bisa masuk bubur ya,” ujar Atiqah Hasiholan.

“Jadi akhir-akhir ini berapa hari terakhir ini makan bubur dibikinin di rumah, mungkin secara nafsu makan sih belum. Tapi paling nggak, bubur udah dimakan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Atiqah berharap permohonan agar ibunya Ratna Sarumpaet menjadi tahanan kota untuk dikabulkan oleh penyidik. Atiqah ingin kondisi ibunyq semakin baik dan siap menghadapi persidangan nanti.

“Sebenarnyq berkaitan dengan permohonan dari keluarga untuk ibu siap menghadapi persidangan nanti. Takutnya nanti, saat persidangan kondisi ibu saya semakin lemah dan jadi sulit,” papar Atigah lagi.

Diwartakan sebelumnya, Ratna Sarumpaet ditetapkan sebagai tersangka penyebaran berita hoak untuk membuat keonaran. Ratna disangkakan dengan UU Peraturan Hukum Pidana dan UU ITE. (maya han)