Nikmatnya Nyeruput Kopi Di Dusun Sirap

Nikmatnya Nyeruput Kopi Di Dusun Sirap

SHNet, Semarang –  Tidak sulit menemukan letak warung Ndeso Doesoen Kopi Sirap, meskipun letaknya sekitar 2 kilometer dari jalur utama Ambarawa-Magelang namun akan sangat mudah menemukannya. Walaupun jalan menuju warung Ndeso Doesoen Kopi Sirap ini berkelok dan sedikit menanjak.

Sesuai dengan namanya warung kopi, tentu yang disuguhi di warung Ndeso Doesoen Kopi Sirap ini tidak lain adalah minuman kopi yang terdiri kopi Luwak, kopi A rabika Gunung Kelir, kopi Robusta Gunung Kelir serta masih banyak lagi minuman kopi ciri khas Gunung Kelir. Tidak itu saja, namun di warung Ndeso Doesoen Kopi Sirap ini juga menyajikan menu makanan desa yaitu nasi jagung goreng, gedhang godok serta telo godok dan kacang godok dan gemblong bakar.

Warung Ndeso Doesoen Kopi Sirap ini sendiri ada sejak Februari tahun lalu, tepatnya 2017 lalu,  tiap harinya bahkan setiap hari libur warung kopi ini selalu terus meningkat pengunjingnya hanya sekedar menikmati kopi dengan alam desa. Warung Ndeso ini sendiri menawarkan hasil produksi petani setempat yaitu jenis robusta dan arabika.

Seperti diketahui, Kelir adalah sebuah nama Gunung di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di lereng Gunung inilah, akan ditemukan puluhan hektar tanaman kopi dibudidayakan oleh petani desa. Dan tidak hanya itu, anak-anak petani kopi di desa Dusun Sirap, Desa Kelurahan, Kecamatan Jambu akhirnya mendirikan warung kopi Ndeso Doeosoen Kopi Sirap.

Gunung Kelir yang berada di sekitar 60 kilometer barat daya pusat Kota Semarang ini, merupakan kawasan pegunungan dengan ikon tanaman kopi varian java moca. Dengan aroma moca, terpengaruh tanaman coklat yang dulu tumbuh subur diperkebunan milik Belanda dan kini dikelola oleh PTPN IX.

Di Dusun Sirap ini sendiri diketahui ada sebanyak 1600 pohon kopi milik 100 petani. Potensi kebun kopi di kawasan Gunung Kelir. Jika panen raya, hasil kopi bisa mencapai 60 ton dan hampi 60 persen petani mengirim kopi yang belum terseleksi untuk keperluan ekspor dan sisanya lokal Indonesia. (maya)