Lampung Timur, Budidayakan Buah Naga Bagi Petani Wanita

Lampung Timur, Budidayakan Buah Naga Bagi Petani Wanita

SHNet, Lampung – Nama latinnya Hylocereus Undatus yang tidak lain adalah nama buah Naga yang buah ini merupakan asli dari Amerika Tengah, buah rendah kalori namun banyak mengandung nutrisi vitamin B dan protein,kalsium ,fosfor, caotain serta anti oksidan sehingga buah Naga ini merupakan panganan yang sangat cocok  untuk membantu detoksifukasi atau proses pengeluaran racun dalam tubuh.

Buah Naga kini menjadi salah satu komoditi yang sangat menjanjiikan bagi para petani  wanita khususnya di Kabupaten Lampung Timur untuk menanam buah asal Amerika Tengah ini. Untuk itu kelompok tani wanita dilatih terlebih dahulu mengetahui pengetahuan budidaya  dan penanaman buah Naga yang  di Gesung Tani Desa Sukadana Iilir Kecamatan Sukadana.

Pelatihan bagi para petani wanita di Gesung Desa Sukadana, bertujuan untuk memberikan pengetahuan tehadap para ibu tani tentang budidaya dan penanaman buah buahan namun khususnya adalah buah Naga.

Bupati Lampung Timur , Chusnunia Chalim mengatakan, mengapa para petani wanita yang mayoritas adalah ibu-ibu ini diterjunkan langsung untuk menanam buah Naga yang asli dari Amerika Tengah ini bagi para petani di Lampung Timur. Karena, budidaya buah naga ini cukup mudah dan hasilnya juga menjanjikan.

“Makanya sekarang di Lampung Timur itu, pengiriman buah Naga banyak dilakukan oleh para petani wanita ke beberapa daerah dan salah satu pengiriman yang banyak itu adalah di Jakarta dan Bekasi. Tentunya, ini merupakan kebanggaan kita semua khususnya warga Lampung Timur,” ujar Bupati termuda yang biasa disapa oleh warganya dengan sebutan Ibu Bupati Nunik.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada para ibu tani yang tergabung dalam kelompok wanita tani Lampung Timur itu dapat menerapkan hasil yang diperoleh  selama mengikuti pelatihan. Sekali lagi, Bupati Lampung Timur ini beharap melalui kegiatan pelatihan ini dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup para petani khususnya kelompok tani wanita di Bumi Tuah Bepadan ini.

” Namun yang jelas, saya menginginkan agar warga Desa di Kapupaten Lampung Timur khususnya para petani dapat menyambungkan semua pihak agar dapat berjalan roda perekonomiannya termasuk juga para petani buah Naga,” paparnya lagi.

Untuk dapat dikenal di kalangan luar dari Lampung Timur, kembali dikatakan Bupati Lampung Timur (Lamtim), baru- baru ini diadakan festival buah Naga di Desa Bumi Mulyo, Kecamatan Sekampung Udik. Dimana di Desa tersebut menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Lampung Timur.

” Segala potensi, akan saya upayakan agar warga di Lamtim ini dapat menyambungkan semua pihak agar dapat berjalan roda perekonomian salah satunya adalah dengan membudidayakan buah Naga ini. Festival buah Naga  kali ini adalah salah satunya untuk menyampaikan kepada masyarakat luas tentang kekayaan lokal sesuai potensi masing-masing,” jelasnya lagi.

 

Manfaat Buah Naga

1. Membantu mengurangi berat badan.

Mengisi perut dengan makanan kaya akan serat serta rendah kalori yakni buah naga ini akan membuat perut Anda terus merasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan. Selan itu buah naga juga akan membuat pencernaan semakin lancar karena mengandung banyak air.

2. Camilan sehat bagi yang sedang berdiet.

Sama halnya dengan poin pertama, bagi Anda yang sedang berdiet baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk menjaga berat badan ideal Anda, mak tidak salah jika Anda memanfaatkan manfaat buah naga untuk diet. Mengkonsumsi buah naga secara teratur akan membuat perut Anda terus merasa kenyang tanpa takut tubuh akan melar.

3. Membantu proses detoksifikas

Sebagai sumber antioksidan, buah naga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh)akan berjalan lancar.

4. Mampu mencegah kanker

Sama seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene, yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

5. Mampu mencegah diabetes

Sifat antioksidannya ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi penderita diabetes karena kadar gulanya yang sangat kecil.

6.Mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Lycopene, selain berfungsi sebagai pencegah kanker juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

7.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah naga untuk sistem kekebalan tubuh merupakan efek samping dari buah naga yang banyak mengandung nutrisi dan gizi. Selain itu, dengan rajin mengkonsumsi buah naga, maka proses penyembuhan baik luka luar maupun luka luar akan semakin cepat pula.

8.. Meningkatkan nafsu makan

Vitamin B1 dan B2 yang ada pada buah naga akan membuat nafsu makan menjadi meningkat jika rutin mengkonsumsi buah naga terutama untuk anak-anak yang biasanya susah makan. Memang bertolak belakang dengan manfaat buah naga untuk diet, namun bagi Anda yang diet, cukup dengan mengganti makanan sehari-hari dengan buah naga yang juga mengenyangkan tanpa takut tubuh melar.

9. Membantu masalah pencernaan

Untuk membersihkan pencernaan Anda, makanlah buah naga. Kandungan fiber atau serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan mengobati konstipasi atau sembelit. Dengan memakan dagingnya yang juga mengandung protein baik, dapat membuat badan Anda sehat dan segar.10. Menunda penuaan dini

Manfaat buah naga untuk kecantikan adalah dengan memperlambat penuaan diri. Hal ini dikarenakan antioksidan yang akan membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi dengan baik.

11. Membantu meringankan batuk dan asma

Biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi sehingga bagi Anda yang menderita asma atau sedang batuk tidak berhenti-berhenti, maka akan sedikit terobati. Namun bukan juga bisa dikatakan bahwa buah naga merupakan obat dari asma.

12..Membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang serta melancarkan peredaran darah

Kalsium yang ada dalam buah naga akan menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Dan juga zat besi serta fosfor akan membantu melancarkan peredaran darah dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh.

13. Menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah

Mengkonsumsi buah naga mampu untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah pada ibu hamil sehingga dapat menghindari komplikasi kehamilan. Karena tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

14. Mampu mencegah dan mengatasi kurang darah

Buah naga juga dapat mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia. Dengan mengkonsumsi buah naga, dapat mencegah anemia, sebab buah naga kaya akan zat besi sebagai penyusun utama sel darah merah.

15. Mampu meningkatkan imunitas

Buah naga mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah naga maka dapat mencegah serangan dari berbagai macam penyakit. (Maya Han)